Home » Militer Indonesia » Pembom Siluman B-21 Pengganti Bomber B-52

Pembom Siluman B-21 Pengganti Bomber B-52

Bomber B-21

Amerika sedang merencanakan pembangunan pesawat pembom siluman generasi terbaru. Dalam rilis terbaru, pihak Angkatan Udara memperlihatkan gambar desain pembom siluman ynag diberi nama Bomber B-21.

B-21 ini kelak akan menggantikan bomber B-52 yang sudah bertugas sejak Perang Dingin dan bomber B-1 yang sudah mengudara sejak tahun 1980. Angkatan Udara berencana ingin membeli sekitar 100 pembom B-21 yang masing-masing berharga US$ 511 juta.

Militer AS menyatakan, pihaknya akan mulai menguji pembom siluman pada pertengahan tahun 2020. Sedikit yang diketahui tentang pembom siluman masa depan AS ini, kecuali pesawat pembom siluman ini yang berwarna khas hitam dengan bentuk desain yang bersudut tajam dan zig-zag dengan profil rendah yang dirancang untuk membuatnya sulit dideteksi radar.

Bomber siluman ini sebelumnya dikenal sebagai Long Range Strike Bomber (LRS-B). B-21 dilengkapi dengan peralatan komunikasi berteknologi tinggi dan dirancang untuk menjadi pembom lintas benua yang mampu menyerang ke semua sudut di seluruh dunia.

DailyMail