Aug 172014
 

Jejak perang dunia II di Pulau Peleliu

©AFP PHOTO/RICHARD W. BROOKS Senjata artileri 200 mm milik pasukan Kekaisaran Jepang tergeletak pada salah satu sudut di Pulau Peleliu, Kepulauan Palau. Pulau kecil yang berada di Samudra Pasifik ini menjadi saksi bisu pertempuran Operasi Stalemate II yang melibatkan tentara Amerika Serikat (AS) dan pasukan Kekaisaran Jepang pada September–November 1944. ©AFP PHOTO/RICHARD W. BROOKS
Senjata artileri 200 mm milik pasukan Kekaisaran Jepang tergeletak pada salah satu sudut di Pulau Peleliu, Kepulauan Palau. Pulau kecil yang berada di Samudra Pasifik ini menjadi saksi bisu pertempuran Operasi Stalemate II yang melibatkan tentara Amerika Serikat (AS) dan pasukan Kekaisaran Jepang pada September – November 1944.

image

©AFP PHOTO/RICHARD W. BROOKS Kondisi gua bernama ‘1.000 Man Cave’ yang dibangun oleh pasukan Kekaisaran Jepang di Pulau Peleliu, Kepulauan Palau.

Pintu masuk gua '1.000 Man Cave'. Saat menghadapi tentara AS, pasukan Kekaisaran Jepang membangun banyak gua yang malang melintang di pegunungan kapur sebagai tempat persembunyian.

©AFP PHOTO/RICHARD W. BROOKS Pintu masuk gua ‘1.000 Man Cave’. Saat menghadapi tentara AS, pasukan Kekaisaran Jepang membangun banyak gua yang malang melintang di pegunungan kapur sebagai tempat persembunyian.

©AFP PHOTO/RICHARD W. BROOKS Tumpukan amunisi milik pasukan Kekaisaran Jepang tergeletak di markasnya pada saat itu, di Pulau Peleliu, Kepulauan Palau.

©AFP PHOTO/RICHARD W. BROOKS
Tumpukan amunisi milik pasukan Kekaisaran Jepang tergeletak di markasnya pada saat itu, di Pulau Peleliu, Kepulauan Palau.

©AFP PHOTO/RICHARD W. BROOKS Tank Mitsubishi berukuran kecil milik pasukan Kekaisaran Jepang terparkir di pinggir jalan yang dulunya merupakan medan peperangan di Pulau Peleliu, Kepulauan Palau.

©AFP PHOTO/RICHARD W. BROOKS
Tank Mitsubishi berukuran kecil milik pasukan Kekaisaran Jepang terparkir di pinggir jalan yang dulunya merupakan medan peperangan di Pulau Peleliu, Kepulauan Palau.

©AFP PHOTO/RICHARD W. BROOKS Kendaraan tempur amfibi milik tentara AS tampak sudah berkarat. Puluhan ribu tentara AS dan pasukan Kekaisaran Jepang gugur dalam pertempuran ini.

©AFP PHOTO/RICHARD W. BROOKS
Kendaraan tempur amfibi milik tentara AS tampak sudah berkarat. Puluhan ribu tentara AS dan pasukan Kekaisaran Jepang gugur dalam pertempuran ini.

©AFP PHOTO/RICHARD W. BROOKS Terowongan sempit yang dibangun pasukan Kekaisaran Jepang untuk mengirimkan amunisi perang. Perang di Pulau Peleliu ini dimenangkan oleh tentara AS.

©AFP PHOTO/RICHARD W. BROOKS
Terowongan sempit yang dibangun pasukan Kekaisaran Jepang untuk mengirimkan amunisi perang. Perang di Pulau Peleliu ini dimenangkan oleh tentara AS.

Sumber: Merdeka.com

  31 Responses to “69 Tahun Kemerdekaan Indonesia”

  1. sedih….kita belum merdeka sepenuhnya….

    salam NKRI

    • bersatu yuk….
      kita isi kemerdekaan dengan segala sesuatu yg positif, penuh kesabaran dan tawadhu, dan yakinlah allah pasti ridho atas apa yg kita lakukan

    • P R O K L A M A S I

      Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.
      Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.

      Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05
      Atas nama bangsa Indonesia.

      Soekarno/Hatta.

      [Naskah Proklamasi Otentik]

  2. 4, nyimak dlu

  3. 2,,,tapi bukan salam 2 jari yaaaa

  4. merdeka

  5. absen dulu ah

    • mendengar lagu kebangsaan indonesia raya dan indonesia pusaka. rasa haru dan cinta akan tanah air tumpah darah Indonesia semakin bergelora dan semakin bangga menjadi warga negara indonesia.
      NKRI HARGA MATI. DIRGAHUYU REPUBLIK INDONESIA KE 69.
      ALLOHU AKBAR, MERDEKA

      • sebuah renungan dari anak bangsa !!
        Hari ini negaraku, Negara Kesatuan Republik Indonesia berulang tahun yang ke-69 tahun. Usia yang cukup “tua” bagi seorang manusia. Namun bagi sebuah negara, usia 68 tahun masih tergolong usia “balita”. Masih jauh kaki melangkah untuk mewujudkan cita-cita bangsa. Tapi tidak ada kata terlambat mesti rintangan didepan terus menghadang walau musuh terus memperdaya dan mengadu domba sesama anak bangsa, aku yakin negara ku ini tetap maju dan makmur, karena setiap doa dan harapan terus mengalir dari semua rakyat indonesia. ya alloh terimalah doa dan harapan kami untuk negaraku tercinta “NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA (NKRI)” Amin ya robal alamin.

  6. semua pemimpin negri ini sebenarnya berniat baik.ingin indonesia di akui dan di segani oleh kawan maupun lawan membawa perubahan terhadap rakyatnya untuk lebih baik,karena dia tak akan lupa akan jasa-jasa pahlawan kemerdekaan yang telah mengorbankan harta dan nyawanya.Dengan semangat hari proklamasi kemerdekaan,mari kita dukung siapa pun calon pemimpin kita.DIRGAHAYU BANGSAKU MAJULAH INSONESIAKU

  7. Mendengar kata ’69? bisa jadi diantara kalian punya imajinasi liar yang menyusup kemana-mana 😀 ya masih wajar sebagai manusia normal meskipun jangan kebablasan. Bagi saya ini 69 ini justru sebagai momen kebangkitan untuk saling melengkapi, saling mengait dan menyatu dalam keberagaman Bhinneka Tunggal Ika. Bisa juga menjadi masa untuk memperbaiki keadaan, memulihkan yin dan yang negara ini yang semakin kacau, terlebih sebentar lagi kita akan memiliki presiden baru. Harapan kita, presiden baru nantinya akan membawa perubahan bagi Indonesia menjadi lebih baik. MERDEKA…………..

  8. Perjuangan zaman kemerdekaan telah berlalu, kini perjuangan yg lebih berat adalah mengisi kemerdekaan ini dengan kerja keras membangun bangsa…perjuangan masih panjang bung!!! Sekali merdeka tetap merdeka

  9. 10 Besar,
    absen dulu baru nyimak

  10. nglihat barang2 peninggalan PD II di Pulau PELELIU…kok jadi ngat bisnis temen….sayang banget barang segitu banyak g di kiloin….kemana saja kamu tkg rongsok…..

  11. sayang tak terawat

  12. Pespur bolak-balik diatas rumah…
    Mau capture pakai kamera posisi selalu mengahadap ke matahari. ***gagal

  13. flypass32 pesawat tempur…ga kebayang suaranya . Yang nonton langsung laporanya dong

  14. cuma mo ucapin….SELAMAT HARI KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA KE 69…
    NKRI HARGA MATI….
    Salam…

  15. Affirmative 😈

  16. terharu melihat flypass pespur tni kita dan menangis mendengar lagu kebangsaan indonesia raya di kumandangkan. teringat mbah sang cacad veteran tumbal negara dan jasa para pahlawan lainya….dirgahayu nkri ke69 jayalah negeriku

  17. yakin pak. kita awasi bersama sama pemerintahan baru siapapun nanti. Kalo ada yg tidak beres kita kritisi dgn cara santun tpi jika kebijakanya ok kita dukung rame2. Itu saja pak Handal sda jadi warga negara baik.

  18. Sudah jangan pada ribut masalah pilpres, yang penting adalah kita tetap berdemokrasi, 2. Siapapun presidenya kita tetap harus dukung karena sudah lewat pemilu, 3 kita hrs kritisi kebijakan pemimpin yg tdk membawa kemasalahatan bersama dan pemimpin hrs melaksanakan UUD 45 dan PANCASILA dengan benar 4. Mari berkarya jangan asal gugat, minimal bayar pajak, 5. Jangan ribut masalah kampanye hitam nanti hanya menyengsarakan diri sendiri dan orang lain. Oke brooo. MERDEKA!!!

  19. Dengan perayaan HUT RI ke 69 … Marilah kita renungkan sejenak nikmat yang di berikan oleh Allah Rabb semesta alam.
    Dimana kita masih bisa ngopi-ngopi tanpa takut di serang penjajah (kecuali ngopi ditrotoar digrebek satpol pp) …
    Bisa memprotes kebijakan pemerintah yang tidak pro rakyat.
    Memandang sinar mentari pagi yang hangat …
    Tapi PERJUANGAN belum selesai bung. Mari singsingkan lengan baju, raih prestasi setinggi mungkin.
    Optimalkan kemampuan atau potensi diri kita masing-masing. Berikan yang terbaik bagi bangsa dan negara ini.
    Jangan kalah dengan semangat para pejuang. Kita isi kemerdekaan ini dengan mengoptimalkan potensi yang ada dalam diri kita.
    Membaralah seperti sinar mentari pagi, jadilah air yang menyejukan di padang pasir …
    Bangkitlah para pemuda, IBU PERTIWI memanggil mu …
    M E R D E K A …

  20. salute terhadap beliau…kita ini bukanlah apa2 dibandingkan dengan para pejuang bangsa

    [IMG]http://i102.photobucket.com/albums/m110/Putro_Asta_Nagara/10270007_10201749898704188_1626315117_n_zpsb02d7c15.jpg[/IMG]

  21. kenapa reply n link videonya dihapus ya?

    info yg faktual layak diketahui bagi yg blm tahu. bukan karangan

  22. ckckck….ktanya ok cooling down. ternyata…

 Leave a Reply