Amerika Serikat Jual Bom Pintar ke Turki

BLU-109
Pentagon telah menyetujui kesepakatan untuk menjual senilai hampir 700 juta dolar Amerika Serikat untuk bom pintarnya ke Turki melalui skema Penjualan Militer Asing.

Kontrak penjualan yang diumumkan pada hari Selasa tersebut, datang pada waktu yang penting bagi militer Turki karena terlibat dalam penyerangan melawan militan Kurdistan Workers Party (PKK).

Seorang pejabat militer Turki berkata, “kesepakatan itu datang tepat waktu, karena kami sangat terlibat dalam perang asimetris dan perlu bom pintar.”

Pentagon memberikan kontrak untuk Ellwood National Forge dan General Dynamics Ordnance and Tactical Systems untuk penjualan BLU-109 bunker busting bomb bodies beserta berbagai komponennya. Penjualan itu merupakan penjualan pertama yang dilaporkan Turki.

Ankara mengharapkan transaksi akan selesai pada tahun 2020.

Bom berisi 550 pon Tritonal peledak tinggi, kombinasi 80% TNT dan 20% aluminium powder. BF-109 untuk sekering ekor penundaan bom peledakan sampai bom telah menembus bunker yang ditargetkan, demi memastikan kehancuran total.

Ankara telah terlibat dalam kampanye besar-besaran terhadap PKK dalam beberapa bulan terakhir.

Sejak akhir Juli 2015, wilayah tenggara Turki telah menyaksikan meningkatnya kekerasan di tengah konfrontasi berat antara pasukan militer dan PKK. Satu kelompok terlarang telah berjuang untuk wilayah otonomi Kurdi di Turki sejak tahun 1980-an.

http://www.thepeninsulaqatar.com