Posisi Indonesia dalam Negara Club Elite di Bidang Roket

Pepatah mengatakan “raihlah cita cita mu sampai ke Bulan” atas dasar itu lah bangsa bangsa di dunia berlomba lomba mengembangkan teknologi untuk ke luar angkasa. Dimulai era tahun 1940 an oleh Jerman dengan roket V yang merupakan cikal bakal roket modern sampai saat ini. Sebut saja negara negara yang mempunyai kemampuan membuat dan mengembangkan teknologi roket di dunia ini bisa kita hitung dengan jari. Amerika, Rusia, China, dan beberaa negara Eropa, adalah negara negara club elite utama bidang roket, di bawahnya sebut saja India, Israel, Pakistan, Korea Utara, Jepang, dan Iran, merupakan negara berikutnya yang akan menjadi anggota club elite roket. Lalu dimana posisi Indonesia… ?.

Mungkin jika boleh diurutkan, Indonesia masuk dalam baris ketiga yang akan masuk kw dalam club elite negara pembuat roket. Lalu sampai di mana perkembangan teknologi roket/satelit/rudal/peluru kendali. Indonesia, secara garis besar teknologi roket kita dibagi dua yaitu :

1. Untuk sipil/riset
2. Untuk militer/pertahanan

Jadi saat ini sampai di mana teknologi roket Indonesia untuk bidang militer dan pertahanan, tidak banyak perubahan dari sebelumnya bahwa saat ini sedang dikembangkan roket untuk pembawa satelit dan roket sebagai peluru kendali/rudal balistik. Badan resmi pemerintah yang melakukan riset dan pengembangan roket adalah LAPAN.

Di bawah LAPAN Indonesia telah dan sedang mengembangkan teknologi roket /rudal miliknya.

A.Roket Petir / Rudal Petir

rudal-petir

 

Roket ini sudah dipublikasikan sebagai calon rudal balistik untuk pertahanan dengan diameter 60mm, panjang sekitar 308mm dengan berat 1000 gram dengan jangkauan kurang lebih 1,680 KM, saat ini sedang dikembangkan teknologi guide controlnya, sehingga dapat ditembakan sesuai target yang diinginkan.

B.Roket RUM

Roket jarak pendek masih dalam pengembangan. Dari sumber resminya tidak disebutkan akan dipergunakan untuk apa, sehingga hal ini masih misterius. Roket RUM mulai dirintis untuk dibuat pada tahun 2006 dan telah berulangkali digunakan untuk kegiatan diseminasi teknologi roket maupun lomba muatan roket untuk mahasiswa (komurindo) hingga 7 kali (tahun 2008 s/d tahun 2014).

rum

rum 2

rum3

C. Roket EDJ/TJ

Fokus riset diarahkan pada pengembangan RKX-200EDF/TJ, yang mampu terbang secara Auto Pilot by Way Points dengan kecepatan 200 km/jam.

roket indonesia

roket indonesia 2

D.Roket Cair

roket indonesia 1

roket indonesia 3

E. Roket Sonda

Roket sonda RX220, RX 320, RX 450/420, RX 550 , dan RX 750 semua tipe roket sonda kelak akan menjadi roket RHAN dipergunakan oleh tiga matra TNI, dan juga menjadi roket pembawa satelit ke orbit.  Untuk RX 450 dan RX 320, jangkaun efektif sekitar 100km

roket indonesia 5

roket indonesia 6

roket indonesia 7

roket indonesia 8

Sumber: LAPAN

Oleh : Sandi Yudha

Sharing

Tinggalkan komentar