India Mengklaim Su-30MKI lebih baik dari Su-35BM

Pesawat tempur Su-30MKI sudah mulai memperkuat Angkatan Udara India (IAF) pada tahun 2002 (sebelumnya Su 30MKI melakukan penerbangan pertama pada tahun 2000).

Pesawat tempur Su 30 adalah pesawat tempur multiperan berkursi tandem yang dikembangkan pada tahun 1989. Ketika Indian ditawarkan Su-30, India menginginkan versi yang dimodernisasi sehingga akhirnya India mendapatkan SU-30MKI (Modernizirovanniy, Kommercheskiy, Indiski ) yang berarti di modernisasi, Commercial, India.

India mengklaim Su-30MKI miliknya merupakan pesawat tempur Sukhoi family yang paling canggih di dunia. Dilengkapi daya dorong TVC, Thrust Weight Ratio yang lebih kuat, sayap carnads, radar PESA (Passive electronically Scanned Array), 12 cantelan persenjataan, avionik multinasional (suite elektronik dari banyak negara seperti Rusia, India, Perancis, Israel, dll). Su-30MKI masih bisa di upgrade ke konfigurasi ‘Sukhoi Super’ yang akan memiliki semua kemampuan lebih baik dari Su-35BM.

Sedangkan Su 35 yang merupakan versi peningkatan dari pesawat tempur superioritas udara Su-27 (belum dilengkapi TVC – thrust vectoring control hingga tahun 1996). Satu-satunya keunggulan Su-35 adalah karena memiliki radar cross section yang kecil karena dilengkapi lapisan pemantul radar, radar Irbis – E yang lebih kuat daripada radar Bar dan mesin yang sedikit lebih kuat.. atau bisa dikatakan setelah upgrade Su-35 yang kemudian menjadi Su-35BM, pesawat tersebut menggunakan semua teknologi maju yang dikembangkan dari Su-30MKI.

Sharing

Tinggalkan komentar