Apr 182017
 

Dok. Pendidikan dan Pelatihan Bela Negara (Antara)

Jakarta – Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu mengatakan Program Bela Negara 2017 akan dipusatkan di tujuh daerah yang merupakan perbatasan Indonesia.

“Setiap Warga Negara Indonesia wajib mengamalkan bela negara. Pada tahun ini, kegiatan akan kami buka di Manado, Sulawesi Utara, karena menjadi gerbang Indonesia di wilayah Timur,” kata Menhan di Kementerian Pertahanan, Jakarta, 17/4/2017.

Selain Kota Manado, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, dan Kecamatan Melonguane yang merupakan pusat pemerintahan Kabupaten Kepulauan Talaud akan menjadi dua lokasi berikutnya tempat diselenggarakannya bela negara di Sulawesi Utara.

Pria yang juga pernah menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat itu turut menjelaskan ada enam provinsi lain yang dicanangkan sebagai tempat kegiatan penanaman kecintaan terhadap negara, yakni Aceh, Papua, Ambon, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, dan Jawa Timur.

“Pelatihan bela negara ini bisa sampai 1 atau 2 bulan. Bentuknya nanti ada pengarahan dan seminar yang ditandai dengan bukti sertifikat setelah selesai,” tuturnya.

Ryamizard Ryacudu mengungkapkan bahwa pihaknya juga telah mempersiapkan keseragaman kurikulum pelatihan bela negara dengan melibatkan Kementerian Agama serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Bela negara ini tujuannya agar bangsa mengenal kembali Pancasila dan bangga membawa nama negara,” katanya.

Menurut Menhan, Program Bela Negara bakal dibuka di Manado, Sulawesi Utara, pada tanggal 20 April 2017, yang juga rencananya dihadiri sejumlah pejabat daerah.

Antara

Bagikan Artikel:

  27 Responses to “7 Daerah Pusat Program Bela Negara 2017”

  1. tseting….

  2. Yang merasa fansboy dan belum mengikuti program Bela Negara, silahkan segera mendaftar…. hukumnya fardlu a’in !!…

  3. Mantaabb…Setuju aku…..Termasuk di Papua juga harus dicari bibit bibit yg setia pada NKRI….Beri wawasan Kenegaraan dan cinta Tanah AIr disetiap pelosok Tanah Papua…Rangkul disetiap kecamatan dan kelurahan….NKRI Harga Mati.

  4. Ada latihan penggunaan senjata api gak ya?

  5. hahahah…. seperti dugaan gw, jawa timur pasti dimasukkin. Padahal kaga berbatasan dengan negara lain daratannya. Dan juga sudah diduga arahnya mau kemana dan siapa yang akan diikutkan.

  6. “Bela negara ini tujuannya agar bangsa mengenal kembali Pancasila dan bangga membawa nama negara,”(RR)

    selain 7 daerah itu berarti lebih keren dong pemahaman dan pengamalan nilai2 pancasila nya?

    • iya namun kalau masih ndablek gak mau nurut sama nilai2 Pancasila utk menghargai perbedaan dan menimbulkan perpecahan

      ngambang di kali wajib hukumnya dan utk mengenang lomba ngambang ke laut tahun 1965-1967

      saya cuma khawatir mereka2 yg mendapatkan ilmu dari pelatihan dari program bela negara dimanfaatkan oleh kelompok2 tertentu utk tujuan subversif dan meraih simpati masyarakat dgn berkoar2 merekalah garda terdepan dan mendiskreditkan organisasi massa tertentu

 Leave a Reply