Home » Militer Indonesia » Kapal Induk Amerika Serikat Tiba di Korea Selatan

Kapal Induk Amerika Serikat Tiba di Korea Selatan

Kapal induk Amerika Serikat

Kapal induk USS John C. Stennis telah tiba di pelabuhan Busan, Korea Selatan, pada hari Minggu pagi (13/03). Kedatangan kapal induk Amerika Serikat ini untuk turut ambil bagian dalam latihan militer bersama yang sedang berlangsung antara Seoul dan Washington.

Kapal induk ini membawa sekitar 7.000 pelaut, serta didampingi oleh tiga kapal perusak dan kapal guided-missile.

Sebelumnya, pada hari Sabtu (12/03), tentara Amerika Serikat dan Korea Selatan menggelar latihan pendaratan amfibi dalam skala besar di pantai timur Korea Selatan. Latihan ini meliputi simulasi pernyerbuan pertahanan pantai Korea Utara.

South Korean and US soldiers take a position during the annual joint military landing exercise in Pohang. (AFP photo)

Sekitar 55 pesawat angkatan laut Amerika Serikat dan 30 kapal angkatan laut gabungan Amerika Serikat-Korea Selatan, termasuk USS Bonhomme Richard dan USS Boxer, terlibat dalam latihan di pantai dekat kota Pohang tersebut.

Pihak Korea Utara mengecam latihan itu dan menyebutnya sebagai persiapan untuk suatu invasi. Namun, Amerika Serikat dan Korea Selatan mengatakan bahwa mereka hanya melakukan latihan pertahanan rutin.

Latihan tahun ini menjadi yang terbesar yang pernah Amerika Serikat dan Korea Selatan lakukan, dan ditengah hubungan dengan Korea Utara yang memanas.

Telegraph