Dua Monster Lautan Bertarung, Siapa Yang Akan Menang? (2)

Cara terbaik bagi Penjelajah Moskva untuk menenggelamkan sebuah kapal induk AS adalah dengan mendekat dalam jarak jangkauan rudal antikapalnya dan melepaskan tembakan salvo dengan rudal anti kapal berat.

Tembakan beruntun 16 rudal Vulkan akan menghadapi perlawanan dari sistem pertahanan udara dari kapal perang, pesawat tempur dan sistem peringatan dini dari armada kapal induk AS. Sebanyak dua rudal diperkirakan dapat ditembak jatuh oleh pesawat tempur pengawal kapal induk.

Kemampuan total pertahanan udara lainnya (rudal SM-2, Sea Ram dan senjata CIWS, dll) diperkirakan akan menghilangkan 70-80% rudal anti kapal yang tersisa. Sistem pesawat peringatan dini (Early Warning) juga akan mengurangi probabilitas hit hingga 50-60% lebih. Dengan demikian, satu atau dua rudal masih bisa menghatam kapal induk AS, bisa dikatakan kemampuan tembakan rudal anti kapal Moskva yang bisa menghantam kapal induk AS kurang efektif atau sama dengan 20%.

Peluang Moskva untuk menghadapi kapal induk akan jauh lebih buruk, atau tidak ada sama sekali, karena armada kapal induk tidak akan membiarkan kapal penjelajah Rusia untuk mendekat dalam jangkauan rudal anti kapalnya (kapal selam dan pesawat tempur angkatan laut akan memainkan bagian penting dalam perang menghadapi Cruiser Rusia).

Cruiser Rusia akan jauh lebih efektif menghadapi kapal perang permukaan. Slava bisa menyerang dan menenggelamkan 2-3 kapal perusak dan fregat rudal musuh, sementara Slava bisa kebal dari serangan kapal perang musuh karena jangkauan senjata yang jauh. Sebuah serangan lagi terhadap armada pendaratan amfibi atau konvoi akan menghancurkan setidaknya 3-4 kapal perang musuh, efektivitas Moskva di pertempuran seperti itu diperkirakan 30-50%.

Efektivitas pertahanan udara (Air Defence) Slava class terhadap serangan dari pesawat tempur musuh atau salvo dari 12-16 rudal Tomahawk diperkirakan (berdasarkan data open source) di kisaran 30-60% tergantung pada jenis senjata musuh yang dihadapi.

Moskva juga akan menggunakan rudal jelajah Vulkan untuk menyerang target darat. Dalam hal ini, probabilitas hit diperkirakan dua sampai tiga sasaran titik yang berjarak 600-650 km. Karena tujuan dari serangan tersebut adalah untuk mengganggu sistem pertahanan udara atau sistem komando dan sistem kontrol musuh, efektivitas serangan kapal Cruiser tergantung dari target yang diserang. Jika yang diserang memiliki sistem pertahanan yang canggih maka efisiensi serangan diperkirakan 10% atau lebih rendah.

Kemampuan anti kapal selam Moskva untuk menghancurkan kapal selam dengan serangan salvo torpedo. Indeks ini bergantung pada banyak faktor, di antaranya adalah jangkauan kapal selam dan kemampuan sonar kapal penjelajah ini. Dengan mempertimbangkan banyak faktor, ahli militer memperkirakan kemampuan anti kapal selam Moskva ini di 30-60% tergantung pada kondisi hidro-akustik dan kapal selam yang dihadapinya.

cda04cfaef49a49a33c22a2a0769afd8

Perkiraan yang sama untuk USS Port Royal adalah sebagai berikut. Kemampuan Ticonderoga menghadapi kapal perang permukaan Rusia (Fregat rudal, kapal pendarat amfibi dan konvoi laut lainnya) diperkiraan bisa menenggelamkan tiga sampai empat kapal perang permukaan, atau 30-50%. Mengingat memiliki sistem sonar yang lebih efektif, kemampuan peperangan anti kapal selam Ticonderoga diperkirakan pada kisaran efektifitas 50-90%, efektivitas pertahanan udaranya di 40-70% tergantung pada jenis senjata yang menyerang, sementara efektivitas rudal Tomahawk untuk serangan enam sampai delapan target didarat pada jangkauan 1.000 km, yaitu 20-40%.

Andai terjadi duel antara Slava class dan Ticonderoga class, kemampuan Moskva untuk merusak atau menenggelamkan Port Royal adalah lebih besar karena kelebihan jangkauan rudal anti kapalnya, dan diperkirakan 50-70%.

Jika dua kapal mendeteksi satu sama lain dan masuk dalam jangkauan Ticonderoga class, peluang Cruiser AS untuk bertahan hidup lebih tinggi. Namun, kemungkinan untuk melakukannya sangat sulit. Untuk mendekat dalam jangkauan serangannya, kapal penjelajah AS harus mendekati Moskva, dan itu hampir mustahil karena membutuhkan waktu beberapa jam .

Sharing

Tinggalkan komentar