5 Kecelakaan Kapal Selam Paling Misterius - JakartaGreater

5 Kecelakaan Kapal Selam Paling Misterius

Kapal selam Korea Utara secara misterius tenggelam beberapa hari yang lalu, belum diketahui kebenaran dan apa penyebabnya. Mungkin karena kerusakan mesin karena usianya yang sudah tua, atau karena mengalami kecelakaan, atau mungkin karena sebuah serangan? Tidak ada yang tahu pasti karena Korea Utara adalah negeri yang tertutup dan penuh misteri.
Dan inilah lima daftar kecelakaan kapal selam paling misterius dalam sejarah.

1. Tahun 1968, kapal selam K-129 Soviet kecelakaan

Salah satu dari empat kecelakaan kapal selam paling misterius pada Maret 1968, kapal selam K-129 Uni Soviet tenggelam di Samudra Pasifik, tanpa sebab yang jelas. Sebuah kapal selam Angkatan Laut AS, USS Swordfish, yang mengalami kerusakan pada periskopnya dan berlayar ke Jepang untuk perbaikan dicurigai sebagai penyebabnya. Kecurigaan tersebut juga saling terkait dengan direbutnya sebuah kapal mata-mata USS Pueblo milik AS yang dilakukan Korea Utara, yang menyebabkan peningkatan aktivitas kapal selam AS di daerah itu.

Duta Besar AS untuk Moskow pada tahun 1993 menyatakan USS Swordfish tidak berada dekat dengan K-129 pada saat tenggelamnya kapal selam tersebut, dan kunjungan dari Direktur CIA Robert Gates tahun sebelumnya menunjukkan bagian dari kapal selam diambil oleh Central Intelligence Agency (CIA). Teori lain menyatakan kapal selam mengalami kebocoran akibat ledakan torpedo di kapal selam, meskipun penjelasan resmi menyatakan tenggelamnya K-129 dikaitkan dengan hilangnya kapal selam Amerika USS Scorpion.

2. Tahun 1968, Amerika Serikat kehilangan USS Scorpion (SSN-589)

Kapal selam USS Scorpion tenggelam pada Mei 1968, di lepas pantai Azores di Samudra Atlantik. Laporan awal menunjukkan tenggelamnya kapal selam itu akibat ledakan, meskipun penelitian lain menemukan penyebab lain. Sebuah dokumen yang dirilis pada tahun 1993 memaparkan teori ledakan torpedo didalam kapal selam sebagai akibat dari overheating.

Sama seperti dengan kapal selam Soviet, pihak AS menuduh kapal selam Uni Soviet sebagai penyebabnya, meskipun kedua belah pihak sejauh ini belum merilis penjelasan secara resmi.

3. Tahun 1996, Kapal selam Korea Utara Gangneung Kandas

Kapal selam Korea Utara pada tahun 1990-an kandas di pantai Korea Selatan. Diduga kapal selam itu mengirimkan pasukan komando untuk mengumpulkan data intelijen di Korea Selatan. Korea Selatan kemudian mengeksekusi awak kapal selam, dengan satu yang ditangkap ketika mencoba kembali ke Korea Utara.

Setelah kejadian itu, konsul Korea Selatan di Vladivostok tewas akibat keracunan misterius, yang diduga sejenis dengan racun yang ditemukan di dalam kapal selam Korea Utara.

4. Tahun 2003, kapal selam 361 China tenggelam

Kapal selam 361 milik China tenggelam di Laut Bohai, antara Cina dan Korea Utara. Kapal selam itu sendiri ditemukan oleh nelayan Cina, yang menemukannya sepuluh hari setelah kecelakaan, yang tampaknya sedang mengambil bagian dalam sebuah latihan.

Tidak ada penjelasan resmi yang diberikan oleh China, selain “kerusakan mekanik.” Sebuah laporan bocor dari sebuah surat kabar Hong Kong menunjukkan penyebabnya adalah kegagalan menutup mesin diesel setelah kapal selam menyelam, yang menyebabkan udara karbon monoksida mencekik dan menewaskan para kru kapal selam.

5. Tahun1968, Kapal selam INS Dakar Israel Kecelakaan

Kapal selam INS Dakar kehilangan kontak dan menghilang pada tahun 1968, saat berlayar ke Israel setelah dibeli dari Inggris. Sisa-sisa kapal selam pertama kali ditemukan oleh nelayan di Gaza pada tahun 1999.

Tokoh militer Mesir pada tahun 1970 mengklaim kapal selam itu ditenggelamkan oleh kapal perang Mesir, militer Israel membantah klaim tersebut. Israel tidak pernah memberikan penjelasan resmi atas tenggelamnya kapal selam INS Dakar, meskipun tampak banyak kerusakan pada reruntuhan kapal selam tersebut.

Sputnik

Tinggalkan komentar