Home » Militer Indonesia » Kapal Selam Nuklir Rusia Mendekati Perairan Perancis

Kapal Selam Nuklir Rusia Mendekati Perairan Perancis

Angkatan Laut Perancis (Marine Nationale) melihat sebuah kapal selam nuklir rudal balistik Rusia di Teluk Biscay, lepas pantai Perancis pada awal Januari, ungkap majalah berita mingguan Prancis L’Obs. Saat dimintai konfirmasi Departemen Pertahanan Perancis tidak menyangkal informasi tersebut.

Ini adalah pertama kali sejak berakhirnya perang dingin, kapal selam nuklir Rusia melewati Atlantik Utara untuk mendekati pantai Perancis. Beberapa minggu yang lalu sepasang pembom berat Tu-160 dicegat oleh pesawat tempur Angkatan Udara Perancis dan Angkatan Udara Inggris di atas selat Enligh.

Kapal Selam Nuklir Rudal Balistik (SSBN) sangat mungkin milik Armada Utara Rusia yang berbasis di wilayah Murmansk. Enam kapal selam Project 667BDRM SSBN Delta-IV class dibangun menggunakan desain kapal selam nuklir rudal balistik Typhoon / Akula class (Project 941) dan kapal selam nuklir Borey (project 955).

Project 667BDRM dirancang untuk menghancurkan instalasi strategis musuh. K-114 Tula juga dapat menenggelamkan kapal perang permukaan dan kapal selam. Masing-masing dari SSBN ini dipersenjatai 16 rudal balistik antarbenua dari berbagai jenis dan empat tabung torpedo 533-mm di haluan.

Persenjataan standar lainnya adalah 12 rudal dan torpedo, termasuk rudal anti kapal selam Vodopad (SS-N-16 Stallion). Kapal selam juga dapat memuat rudal balistik modifikasi R-29RMU2 Sineva (SS-N-23 Skiff) dan R-29RMU2.1 Liner.

R-29RMU2.1 Liner adalah versi tercanggih yang mampu menembus semua pertahanan anti rudal balistik musuh.

Navyrecognition