Indonesia Buka Konsul Kehormatan untuk Ramallah, Palestina

Amman – Indonesia secara resmi melantik Kosul Kehormatan untuk negara Palestina, meski pelantikan Kondul ini tidak berjalan sesuai rencana.

Awalnya, pelantikan Konhor ini akan dilakukan di Ramallah, Tepi Barat, negara Palestina. Tapi, karena rombongan Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi tidak mendapat izin melintas dari Israel, pelantikan dilakukan di Amman, Yordania.

Maha Abu-Shusheh 2

“Menlu RI, Retno Marsudi, telah melantik Konsul Kehormatan pertama Indonesia di Palestina, Maha Abu-Shusheh, yang berkedudukan di Ramallah pada 13 Maret 2016. Upacara pelantikan dilakukan di KBRI Amman dihadiri oleh Menteri Luar Negeri Palestina, Dr. Riyad al-Maliki, para Duta Besar negara-negara ASEAN dan OKI di Amman, Ketua Komisi I DPR-RI, Mahfudz Siddiq, Duta Besar RI untuk Yordania, Teguh Wardoyo, serta para tokoh dan pejabat pemerintahan Palestina dan Yordania,”.

Tidak diberikannya izin over flight oleh Israel tidak menyurutkan determinasi Indonesia untuk melantik Konsul Kehormatan Indonesia untuk Palestina. Dengan pengaturan yang sangat cepat, maka pelantikan dapat dilakukan di Amman dengan lancar.

Konsul Kehormatan RI untuk Ramallah, Palestina
Konsul Kehormatan RI untuk Ramallah, Palestina

Dalam sambutannya saat pelantikan Konsul Kehormatan Ramallah, Menlu Retno Marsudi menyampaikan bahwa pelantikan dan pembukaan kantor Konsul ini merupakan bukti nyata dukungan Indonesia terhadap Palestina.

Menlu RI meminta Konhor RI di Ramallah dapat berperan aktif untuk meningkatkan hubungan bilateral kedua negara. “Saya harap Konhor RI di Ramallah dapat menjadi penyambung tali persaudaraan Rakyat Indonesia dan Palestina.” ujar Menlu Retno.

Sumber : Sindonews.com

Sharing

Tinggalkan komentar