Rusia dan Vietnam Kembangkan Kerjasama Militer

Sekretaris Deputi Dewan Keamanan Rusia, Evgeny Lukyanov mengatakan bahwa Rusia dan Vietnam berniat untuk mengembangkan kerjasama kemitraan militer dan teknis, serta di bidang perdagangan dan energi.

Kepala Dewan, Nikolai Patrushev, mengadakan bahwa konsultasi pakar keamanan regional dan internasional akan dilakukan pada tanggal 15 dan 16 Maret ini, saat kunjungan kerja ke Vietnam. Pertemuan ini juga akan membahas berbagai bidang kerjasama Rusia-Vietnam, termasuk pertahanan dan perdagangan.

“Adapun kerjasama militer-teknis. Pihak Vietnam memberikan penilaian positif, sehingga kerjasama ini akan terus berlanjut,” kata Lukyanov.

Dalam jangka panjang, hubungan berkelanjutan antara Moskow dan Hanoi akan bersifat positif. Lukyanov menyatakan bahwa Vietnam berminat untuk meningkatkan ekspor pertanian ke pasar Rusia.

“Pada pembicaraan terbaru, peningkatan nilai perdagangan antara Rusia dan Vietnam akan mencapai 10 miliar dolar Amerika Serikat pada tahun 2020, dan dirasakan sebagai tujuan yang realistis,” kata Lukyanov. Ia menambahkan bahwa omzet pertumbuhan kedua negara dari tahun ke tahun selalu mengalami pertumbuhan.

Lukyanov menjelaskan bahwa produksi dan pengembangan ladang minyak menjadi kerjasama bilateral yang sukses. Kemitraan Rusia-Vietnam juga bisa saling mendapatkan keuntungan dalam berkolaborasi di proyek berteknologi tinggi.

Sputnik News

Sharing

Tinggalkan komentar