Argentina Tembak dan Tenggelamkan Kapal Nelayan Cina

Penjaga Pantai Argentina menggelamkan sebuah kapal nelayan Cina yang beroperasi secara ilegal di perairan Argentina pada 14 Maret dan merilis sebuah video yang menunjukkan operasi penembakan kapal tersebut.

Pihak Argentina mengidentifikasi kapal tersebut sebagai Lu Yan Yuan Yu 010. Kapal dilaporkan melakukan kegiatan penangkapan ikan ilegal di Puerto Madryn, yang masuk dalam Zona Ekonomi Eksklusif Argentina.

Unit Penjaga Pantai Argentina mulai mengejar setelah kapal tidak menanggapi panggilan radio dan sinyal visual. Dikatakan bahwa kapal Cina melakukan beberapa manuver dan bahkan mencoba untuk menabrak salah satu kapal patroli yang mengejarnya.

Setelah tembakan peringatan gagal menghentikan kapal, Penjaga Pantai akhirnya menembak kapal nelayan China itu. Kapten kapal kemudian menghentikan kapalnya setelah menyadari kapalnya mulai tenggelam.

Empat awak kapal, termasuk sang kapten, kemudian diselamatkan dan di tahan, sementara 28 awak lainnya berhasil diselamatkan oleh kapal nelayan Cina lain yang berada di sekitarnya.

https://youtu.be/QjW3Eyc7Fog

Argentina menyatakan menahan para nelayan dan akan menyerahkannya kepada hakim federal di provinsi Chubut selatan untuk diadili.

“Departemen Luar Negeri China dan pihak Kedutaan Besar China di Argentina telah mengajukan keberatan kepada Argentina. Mereka menyatakannya keprihatinan serius dan menuntut pihak Argentina melakukan penyelidikan menyeluruh, menginformasikan secara rinci insiden tersebut ke pihak Cina, menjamin keamanan dan hak-hak yang sah dan kepentingan kru Cina, dan mengambil langkah-langkah efektif untuk menghindari terulangnya insiden seperti itu “, kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Cina menanggapi insiden itu.

NavalToday

Sharing

Tinggalkan komentar