@SBYudhoyono, Akun Twitter Presiden

@SBYudhoyono: Selamat Ulang Tahun Kopassus. Jaga profesionalisme. Teruslah menjadi Satuan Elit Kebanggaan Bangsa. *SBY*. Itulah sapaan Presiden SBY di akun twitternya pukul 9:43 AM – 16 Apr 2013. Tidak ketinggalan dalam sapaannya ke Kopassus, Presiden SBY menyertakan foto defile Kopassus hasil jepreten Ibu Ani Yudhoyono:

Twit pertama Presiden SBY diluncurkan tanggal 13 April 2013  berbunyi: @SBYudhoyono; Halo Indonesia. Saya bergabung ke dunia twitter untuk ikut berbagi sapa, pandangan dan inspirasi. Salam kenal. *SBY*. Hanya dalam beberapa hari follower Presiden SBY langsung melonjak ke angka 936.260 orang. Sementara Presiden hanya mem-follow 31 twips. Orang pertama yang di-follow Presiden adalah Wakil Presiden Boediono.  Setelah itu, anaknya Agus Yudhoyono, Ibas, serta kedua menantunya.

Presiden pun mem-follow beberapa orang  yang berkecimpung di dunia entrepreneur dan seniman, seperti: Addie MS, Memes, Wisnutama, Nukman Luthfie hingga artis Julie Estelle dan Gading Marten.

Presiden tampaknya ingin mendorong entrepreneurship di Indonesia, terutama di kalangan muda. Entrepreneurship merupakan mindset atau pola pikir di luar kebiasaan orang umumnya untuk mampu menghasilkan kreatifitas-kreatifitas baru. Mereka adalah orang yang menggunakan otak kanan dalam artian menjalani hidup dengan perhitungan akal sehat dan logika ketimbang perasaan hati.

Beberapa Entrepreneur yang difollow Presiden adalah:

@roniyuzirman (Life-long learner, entrepreneur, owner @mymanet, founder @TanganDiAtas community, love @JalanKaki, books, jazz, minimalism)

@dianarikasari (They say, if you wanna change the world, go into politics. I say, be an entrepreneur!)

Selain mem-follow beberapa entrepreneur, Presiden juga hobby mentwit cara perpikir positif:

  1. Saya menemukan akun @GNFI , senang rasanya membaca hal-hal positif dan prestasi Indonesia. Maju terus GNFI. *SBY*
  2. Persoalan datang dan pergi, seperti hadirnya bulan dan matahari. Yang penting jalani hidup dengan ikhtiar dan solusi. *SBY*
  3. Jika terlalu melihat kekurangan orang lain, jangan-jangan kita tidak melihat kekurangan sendiri. Mungkin lebih banyak. *SBY*
  4. Orang pesimis mengeluh … mengapa banyak sekali masalah; orang optimis bilang … setiap masalah selalu ada solusinya. *SBY*

Untuk current issues Presiden membahas keterkaitan antara: harga gas, industri pupuk dan produksi beras; masalah keterlambatan Ujian Nasional, serta Kecelakaan Lion Air di Bali.

Selain masalah-masalah serius, Presiden SBY pun membagi momen-momen pribadinya kepada para twips dalam bentuk photo:

Tanggapan para twips antara lain:

@rodhiaditya: @SBYudhoyono malem mingguan dimana pak? Sini dah kebagian gua. Lagi pada maen PS  nih. Mau ikut gak?

@Aylla_Cute: foll back aku juga donk :D @raitucarp @IndoSagna

@raitucarp: Eh non @Aylla_Cute, itu org minta follback pak sby, coba km cek status pak sby hehe

Untuk twit photo ini  beberapa respon yang masuk antara lain:

@derilandika:Follback Dong Pak SBY :),

@bikebikeshop: rincian resepnya dong pak SBYudhoyono,

@rifkymocha: Bagi resep nya pak , sekalian ikut makan kalo boleh pak hahahaha ..

Komentar para twips untuk twit di atas, antara lain:

@AbidR_ID: Pak SBYudhoyono coba liat ini => http://kask.us/g9rF0  pliss :'( ,

@ninisamalia: SBYudhoyono pak tidur pak udah malem. Jgn nge-post foto mulu-_-, ?

@poncotempo: @SBYudhoyono tidur pak udah malem..,

@ronoatmo: Pak presiden, tanya yah. Yang ngetweet bapak pribadi atau pake joki ? @SBYudhoyono mosok sih iseh sempet ngetweet pak’e ? Tjanggih.

Kita seharusnya salut dengan Presiden SBY yang mau “gaul” dan membuat twit pribadi karena twitter adalah media sosial baru dengan pendekatan yang baru pula. Semua orang bisa bicara apa saja tanpa sensor yang terkadang isinya bisa di luar kepatutan. Presiden SBY mengambil resiko itu  demi membuka ruang  yang lebih dalam untuk langsung berinteraksi dengan masyarakat. Semoga media ini bisa dimanfaatkan secara positif. (JKGR).

Leave a Comment