Mengenal Su-27SM3, Pesawat Tempur Rusia yang Sebanding dengan Su-35

Su-27 adalah pesawat tempur murni superioritas udara, dan Rusia mengupgrade sebagian Su-27 miliknya ke standar Su-27SM hingga Su-27SM3 yang multirole. Bisa dikatakan Su-27SM adalah pesawat tempur multirole, sama seperti Su-30 tapi berkursi tunggal.

Su-27SM3 memiliki rangka dan frame pesawat yang lebih kuat dari standar sebelumnya, memungkinkan produsen untuk meningkatkan daya angkut persenjataan hingga 1 ton.

Su-27SM3 juga memiliki hard point tambahan untuk cantelan persenjataan dari sebelumnya 10 menjadi 12. Mesin juga diupgrade dengan menggunakan mesin AL-31F-M1 yang diproduksi oleh MMPP Salut. Di klaim lifet time mesin, airframe dan rangka pesawat memiliki umur lebih panjang daripada Su-27 standar.

2056961
Su-27SM3 juga memiliki fitur baru, yakni perangkat peperangan elektronik dan upgrade pada sistem penargetan.

Su-27SM3 juga menggunakan peningkatan paket persenjataan rudal-rudal baru (pihak Sukhoi menolak untuk mengungkapkannya), tapi dari hasil bocoran kemungkinan adalah rudal udara ke udara RVV- SD.

Selain itu, Su-27SM3 dapat menggunakan amunisi presisi modern yang dipandu oleh satelit Glonass / GPS. Perusahaan Sukhoi juga menambahkan KIS ” Comprehensive Information System,” yang memonitor kondisi dan kerusakan yang terjadi pada pesawat, yang membuat perawatan pesawat menjadi lebih mudah.

Kockpit pada pesawat varian Su-27 sebelumnya menggunakan perangkat instrumen ‘Dial’. Pada Su-27SM3 ke-13 ‘alat pengukur steam’ manual diganti dengan empat layar modern liquid-crystal MFD. Juga dilengkapi sistem komunikasi kompleks anti penyadapan dan memberikan datalink aman dengan pos komando dipusat dan pesawat tempur teman lainnya.

Akhirnya dengan segala kelebihannya, Su-27SM3 diklaim memiliki kemampuan peperangan di udara dua kali lebih baik dan dan kemampuan serang darat tiga kali lebih efektif dari Su-27 standar.

Sharing

Tinggalkan komentar