Home » Militer Indonesia » Angkatan Udara Argentina yang Semakin Merana (3)

Angkatan Udara Argentina yang Semakin Merana (3)

Argentina ingin memulai kerjasama dengan Brasil untuk memproduksi pesawat tempur Gripen. Tapi apakah Inggris setuju. Menteri Pertahanan Argentina Julio Martinez dan Duta Besar Brasil Everton Vargas Vieyra membahas kerjasama dirgantara kedua negara di masa depan. Kedua negara Amerika Selatan ingin perusahaan Fabrica Argentina de Aviones dan Embraer Brasil bekerja sama mengembangkan dan memproduksi pesawat tempur Gripen.

“Kami sangat tertarik untuk mengembangkan proyek-proyek yang terkait dengan industri pertahanan, “ ungkap Martinez.

Brasil memesan 36 pesawat tempur Gripen dari Saab Swedia dengan opsi pengembangan dan produksi di Brasil bekerjasama dengan Embraer. Para produsen pesawat Brasil juga harus mampu memasarkan pesawat tempur ini di Amerika Selatan.

Sebelumnya pernah santer terdengar Argentina ingin membeli 24 Gripen. Masalah ini sensitif karena kesepakatan ini dapat dihentikan oleh Inggris. Hubungan antara Argentina dan Inggris tegang sejak Perang Falkland di tahun 1982.

Beberapa komponen penting dari Gripen, seperti radar, landing gear dan kursi ejeksi- diproduksi oleh perusahaan-perusahaan Inggris. Perwakilan dari Departemen Perdagangan Inggris telah memberi sinyal jelas Inggris tidak akan memberikan izin ekspor komponen penting Gripen.