Home » Alutsita Canggih » Kapal Patroli Cepat Kal Mapor, Varian Mini KCR 40

Kapal Patroli Cepat Kal Mapor, Varian Mini KCR 40

PT Palindo Marine Batam yang berlokasi di Seilekop, Sagulung telah menyelesaikan proyek pembuatan kapal patroli cepat (KPC) 28 pesanan dari Kementrian Pertahanan Indonesia pada tahun 2014 lalu.

KPC 28 dengan nama ‘Kal Mapor’ saat ini sudah melalui tahapan uji coba dan rencananya akan di tempatkan di perairan Kepri dibawa komando Lantamal IV Tanjungpinang.

Usai memastikan kondisi kapal yang siap tempur tersebut, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Kalitbang) Kemenhan, Laksamana Pertama TNI Budihardja Raden Budihardja langsung menyerahkan kepada Danlantamal IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI, S Irawan sebagai pihak yang akan mengoperasikan kapal tersebut.

Kapal Patroli Cepat (KPC) buatan PT Palindo Marine ini merupakan proyek pengadaan alat utama sistem pertahanan dari Kemenhan untuk prototype KPC percontohan. Jika kedepannya KPC ini dinyatakan efektif untuk mengawasi dan mencegah aksi kejahatan di perairan Indonesia, maka kapal tersebut akan ditambah lagi.

KPC dengan nama salah satu pulau di wilayah Tanjungpinang tersebut sudah diluncurkan dan siap untuk beroperasi. Jika dilihat sepintas, KPC 28 ini sangat mirip dengan KCR 40 dan KCR 60, hanya berdimensi lebih kecil.

Dan inilah spesifikasi Kapal Patroli Cepat (KPC 28) Kal Mapor, si ‘mini’ KCR 40 :

Panjang : 30 m
Lebar : 5.85 m
Bobot : 75 ton
Kru : 15 orang
Harga : Rp. 33.3 milyar
Propulsi : 2 x mesin diesel 1.650 hp
Kecepatan : 34 knot (26 knot full loaded)

Persenjataan :
1 x RWS senapan mesin 12.7 mm
1 x peluncur roket Hydra 70 mm