Home » Alutsita Canggih » Ukraina Mulai Menggunakan Senjata Standar NATO

Ukraina Mulai Menggunakan Senjata Standar NATO

Ukroboronprom telah mendapatkan transfer 10 senapan sniper eksperimen baru standar NATO untuk National Guard Ukraina. Senapan baru tersebut dikembangkan oleh ‘Ukroboronservice’.

Security and Defense Council Ukraina, Oleksandr Turchynov sudah menyerahkannya kepada prajurit Garda Nasional Ukraina, ungkap Ukroboronprom, Selasa. Yang menerima persenjataan tersebut adalah unit militer Garda Nasional Ukraina dari Snipers Training Centre.

“Hari ini, perusahaan domestik menyediakan kepada Angkatan Bersenjata dan Garda Nasional Ukraina persenjataan militer berat dan ringan beserta peralatannya yang berkualitas tinggi” kata Sekretaris NSDC Oleksandr Turchynov.

Ukraina telah meningkatkan persenjataannya sesuai dengan standar NATO. Senapan sniper baru ini dirancang menggunakan cartridge 7.62×54 mm, dan memiliki 730 mm per barel. Kemampuan tembak 20 amunisi per menit. Cartridge mendapat masukan dari magasin boxtype yang berisi lima atau sepuluh peluru. Kecepatan muntahan amunisi adalah 870 m perdetik dengan jangkauan maksimal 3 km, dan perkiraan berat senapan ini adalah 4,5 kg.

Senapan sniper VM MP-UOS dilengkapi dengan lensa bidik optik dan bipod teleskopik lipat Harris SBR. Modernisasi ditambahkan untuk meningkatkan jangkauan tembak dan untuk mengurangi daya hentak saat penembakan. Senapan sniper ini dilengkapi peredam untuk mengurangi suara hingga 26 desibel sehingga dapat digunakan secara diam-diam.

DefenceWorld