Home » Alutsita Canggih » Tony Blair : ISIS Harus Dihancurkan

Tony Blair : ISIS Harus Dihancurkan

London – Intervensi militer diperlukan untuk memastikan kelompok ISIS hancur tidak bersisa, ujar mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair. Blair mendeskripsikan serangan teror di Brussels, Belgia pekan lalu sebagai sesuatu yang “mengejutkan,” namun peristiwa semacam itu akan terus terulang, kecuali ekstremisme ISIS bisa diatasi.

ISIS mengklaim bertanggung jawab atas serangan di Brussels, yang menewaskan 31 orang dan melukai ratusan lainnya.

Dalam tulisannya di Sunday Times, Minggu (27/3/2016), Blair menyebut strategi baru diperlukan untuk mengalahka ekstremisme, termasuk kerja sama yang lebih intens antar agensi intelijen.

Sistem efektif untuk menangani gelombang pengungsi juga harus ditingkatkan demi mencegah ancaman keamanan di Eropa. Namun dia juga menegaskan ISIS harus segera dihancurkan.

“Kita dapat menggunakan pasukan lokal untuk berperang, namun mereka membutuhkan peralatan dan dukungan militer. Kita harus memberikannya,” ujar Blair. “Pasukan Amerika sedang melakukannya saat ini.”

ISIS semakin memperluas pengaruhnya, termasuk di Libya yang kini dilanda kekacauan politik. Blair khawatir ekspansi ISIS di Libya akan semakin memperburuk keadaan.

“Membiarkan ISIS menjadi militan terbesar di Libya, yang dekat dengan Eropa, adalah sesuatu yang sangat mengkhawatirkan. ISIS harus dihancurkan,” ujar Tony Blair.

Metrotvnews.com