Home » Alutsita Canggih » Alotnya Deal Harga Rafale Antara India dan Perancis

Alotnya Deal Harga Rafale Antara India dan Perancis

Perancis dan India direncanakan akan memulai kembali negosiasi harga pembelian 36 jet tempur Rafale akhir bulan ini.

“Negosiator Prancis ke New Delhi pada tanggal 29 Maret untuk memberikan penawaran harga baru setelah keduanya tidak menyetujui kesepakatan harga pada bulan Januari tahun ini. India telah meminta (Perancis) datang dengan kutipan harga baru, ” tulis Tribune yang mengutip dari sumber-sumber yang tidak mau disebut namanya, Kamis.

Perancis telah menawarkan proposal baru untuk memecahkan kebuntuan atas kesepakatan Rafale, delegasi pejabat India dan Perancis telah bertemu awal bulan ini.

The Price Negotiation Committee dibentuk untuk membantu menyatukan perbedaan kesepakatan harga 36 pesawat tempur Rafale, namun belum dapat menyelesaikan tugasnya karena belum mampu untuk mencapai kompromi. Harga kontrak pembelian yang diinginkan pihak Perancis diperkirakan mencapai 12 milyar Euro, sementara negosiator India menolak apabila melebihi 8 miliar Euro.

Selama pertemuan pada 10 Maret, diyakini pihak Perancis memberi proposal kesepakatan harga Rafale baru yang lebih menarik, pihak India sedang memeriksa rincian proposal tersebut, sementara hasil dari pertemuan tersebut belum diungkapkan.

“Harga adalah masalah yang perlu diselesaikan, selama tidak mendapatkan harga yang tepat, saya tidak bisa masuk (sepakat), tapi kami memutuskan isu-isu lain dalam hal metode pengamanan, pengadaan dan manufaktur (Rafale)” kata Menteri Pertahanan India Manohar Parrikar pada 19 Februari.

Tags: