Home » Militer Indonesia » Pos TNI AL Pangandaran Segera Ditingkatkan Jadi Lanal Tipe D

Pos TNI AL Pangandaran Segera Ditingkatkan Jadi Lanal Tipe D

Pangandaran – Status Pos TNI AL di Pangandaran, Jawa Barat akan ditingkatkan menjadi Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) tipe D. Perubahan ini untuk meningkatkan keamanan wilayah perairan Pangandaran dan pesisir selatan Jawa Barat.

Komandan Pos TNI AL Peltu Laut (P) Dayat Sudrajat mengatakan, program itu merupakan program pemerintah pusat yang rencananya akan segera dibangun di atas lahan seluas tiga hektare di pesisir Pantai Bojongsalawe, Desa Karangjaladri, Kecamatan Parigi.

“Saat ini Pos TNI AL hanya dengan kekuatan 12 personel, setelah ditingkatkan status menjadi Lanal akan ditambah personel sebanyak 60 anggota,” ujar Peltu Dayat di Pangandaran, Jawa Barat, Senin (28/3/2016).

Keberadaan Lanal di Kabupaten Pangandaran tidak hanya bertugas mengamankan Perairan Pangandaran saja, akan tetapi meliputi Kabupaten Tasikmalaya, Garut dan Sukabumi.

Sementara Staf Ahli Kemenko Polhukam Laksda TNI Surya Wiranto menyampaikan, peningkatan pengamanan di Samudera Hindia dilakukan untuk meningkatkan keamanan mengingat besarnya potensi ancaman di kawasan perairan internasional.

“Ancaman kita bukan hanya Australia saja, tetapi termasuk sekutunya di antaranya Amerika, Selandia Baru dan China juga sudah melakukan latihan militer di selatan tepatnya di wilayah ZEE,” ujar Laksda Surya Wiranto.

Selain menyelamatkan ancaman dari luar, peningkatan status Pos TNI AL menjadi Lanal tipe D untuk meminimalisir terjadinya penyelundupan imigran ilegal dari perairan selatan Jawa Barat.

“Ke depan kita harus melakukan komunikasi intensif antar lembaga dan juga kelompok masyarakat untuk menguatkan kawasan perbatasan,” ujarnya.

Laksda Surya Wiranto mengimbau, pemerintah daerah harus membentuk forum maritim yang setiap saat mendiskusikan isu dan problem kemaritiman di wilayah perbatasan dan jangan terjadi ego sektoral.

Sumber : Sindonews.com