Puing di Mozambik, Hampir Dipastikan Pesawat MH370 Malaysia

Canberra – Penyidik pesawat Malaysia Airlines MH370 mengemukakan fakta terbaru, (30/3/2016) yang mengatakan cat dan stensil pada puing pesawat yang ditemukan di Mozambik, cocok dengan bagian Boeing 777 yang digunakan Malaysia Airlines.

Biro Keamanan Transportasi Australia mengumumkan hasil analisis dan pemeriksaan dari dua bagian pesawat yang ditemukan di pantai Afrika timur.

“Ukuran, material dan konstruksi kedua bagian dikonfirmasi sebagai spesifikasi pesawat Boeing 777,” ujar penyidik dikutip NBC News.

Presiden Institut Penerbangan Sipil Mozambik Joao de Abreu memegang kepingan yang diduga milik Malaysia Airlines MH370 di Maputo, Kamis, 3 Maret 2016.
Presiden Institut Penerbangan Sipil Mozambik Joao de Abreu memegang kepingan diduga milik Malaysia Airlines MH370 di Maputo, 3 Maret 2016.

Dengan demikian, hampir bisa dipastikan, puing tersebut berasal dari MH370. Pasalnya, hanya pesawat Boeing 777 Malaysia Airlines MH370 yang saat ini dinyatakan hilang. Pihak berwenang juga mengatakan bahwa tempat penemuan puing masuk dalam area model tempat kemungkinan MH370 berada.

Puing pesawat ditemukan Juli 2015 lalu di selatan Samudera Hindia. Satu fragmen ditemukan oleh remaja 18 tahun dari Afrika Selatan, Liam Lotter yang sedang berlibur. Dia menemukan puing dengan cetakan nomor seri 676EB. Satu fragmen lain ditemukan seorang petualang dan pengacara Amerika, Blaine Alan Gibson.

Sumber : Republika.co.id

Sharing

Tinggalkan komentar