Home » Alutsita Canggih » Korea Utara Uji Sistem Anti Missile

Korea Utara Uji Sistem Anti Missile

Kim Jong Un memuji kerjasama pihak militer, ilmuwan dan teknisi yang berhasil melaksanakan uji tembak rudal pertahanan udara. Rudal terlihat ditembakkan selama latihan militer di lokasi yang tidak diketahui, foto-foto tanpa tanggal dirilis oleh Korean Central News Agency (KCNA) pada 25 Maret 2016.

Korea Utara telah mengalokasikan anggaran untuk pertahanan pada tahun 2016 sebesar 15,8 persen, lapor media pemerintah pada hari Kamis. APBN Korea Utara terlihat mengalami kenaikan sebesar 5,6 persen dibandingkan dengan tahun 2015, terutama karena adanya peningkatan rencana pendanaan untuk kebutuhan industri, ilmu pengetahuan, teknologi dan pendidikan, kata surat kabar Rodong Sinmun.

Pada awal Januari, Pyongyang menyatakan telah berhasil menguji bom hydrogen, bulan berikutnya Korea Utara menembakkan roket jarak jauh yang diduga untuk menempatkan satelit ke orbitnya yang melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB.

Pada hari Jumat, media Korea Selatan melaporkan Pyongyang telah meluncurkan proyektil, yang mungkin sebuah rudal balistik ke Laut Jepang. Pada bulan Maret, Korea Utara melakukan beberapa peluncuran roket jarak dekat dan jarak menengah.

Sputnik