Pasukan Elite SAS Kini Dilengkapi Helikopter Osprey “Transformer”

Pasukan elite SAS Inggris sekarang dilengkapi dengan helikopter Osprey desain khusus yang dijuluki ‘Transformer’. Pasukan SAS dalam status siaga tinggi setelah serangan mematikan di Paris dan pemboman di bandara Brussel.

Pasukan SAS kini sedang berlatih intensif menggunakan heli V22 Osprey di Stirling Lines, markas komando mereka di Credenhill, dekat Hereford.

MoS2 Template Master

Helikopter Osprey buatan AS ini hampir dua kali lebih cepat daripada armada helikopter yang dimiliki SAS saat ini. Heli mampu mengangkut setidaknya 24 personel bersenjata lengkap, dengan kecepatan tertinggi 667 km/jam sehingga dapat menyebarkan pasukan khusus dari Credenhill ke Manchester dalam waktu 30 menit, atau ke London untuk memperkuat resimen antiteror SAS yang ditempatkan permanen di Ibukota pada waktu yang sama.

Osprey dilengkapi senapan mesin yang terpasang di hidung dan di pintu belakang. Jangkauan terbangnya juga lebih jauh daripada helikopter transportasi yang dimiliki SAS. Heli dapat terbang hingga 1.000 mil atau delapan jam tanpa pengisian bahan bakar, yang berarti jika teroris melancarkan serangan di Inggris, helikopter yang sama bisa menerbangkan pasukan ke beberapa lokasi sekaligus.

Namun beberapa kritikus mengkhawatirkan catatan keamanan helikopter Osprey yang buruk, hingga saat ini 36 personil militer telah tewas sejak Osprey pertama kali melakukan uji terbang di Amerika Serikat.

DailyNews

Sharing

Tinggalkan komentar