Home » Alutsita Canggih » Su-30SM Baru, Kini Bisa Selincah Su-35

Su-30SM Baru, Kini Bisa Selincah Su-35

Angkatan Udara Rusia akan menerima 30 pesawat tempur Su-30SM pada akhir tahun 2018. Nilai kesepakatan pembelian Su-30SM itu belum diungkapkan, namun Kementerian Pertahanan menyatakan pembelian itu merupakan bagian dari program Pengadaan Persenjataan MiliterRusia tahun 2016-2019.

Su-30SM merupakan pesawat tempur generasi 4++, pesawat tempur multirole ini merupakan salah satu pesawat tempur supermanuver andalan Angkatan Udara Rusia. Su-30SM memiliki kehandalan tinggi saat dikirimkan ke Suriah.

Menurut para pilot yang mengoperasikannnya, Su-30SM sama sakali tidak mengalami kendala teknis saat bertugas di Suriah.

Pihak Produsen Irkut merahasiakan spesifikasi teknis terbaru dari Su-30 SM, hanya menyatakan Su-30SM kini mampu dilengkapi dengan persenjataan rudal udara ke udara dan rudal anti permukaan yang modern dan canggih.

Su-30 SM kini juga sanggup melakukan manuver-manuver akrobatik baru, diantaranya gabungan manuver Pancake dan Dead Leaf, dimana Su-30 berputar horizontal dengan sudut elevasi tinggi tapi dengan kecepatan rendah ( berputar cepat dan menjatuhkan pesawat). Dengan manuver tersebut Su-30SM dapat dengan cepat mengambil alih posisi yang lebih menguntungkan dalam dogfight udara.

Su-30SM juga tidak hanya mampu melakukan manuver G Positif (menukik ekstrim) dan G Negatif (menanjak ekstrim), tapi juga mampu melakukan manuver ekstrim ke sisi lateral yang menjadikannya mampu melakukan manuver-manuver baru yang sangat dibutuhkan dalam pertempuran di udara.

Tags: