Anggaran Belanja Militer Arab Saudi Tertinggi Ketiga di Dunia

Satu lembaga penelitian asal Swedia mengatakan bahwa Arab Saudi telah menggantikan Rusia sebagai negara dengan anggaran belanja militer tertinggi ketiga di dunia pada tahun lalu.

Stockholm International Peace Research Institute memperkirakan bahwa pada tanggal 5 April, pengeluaran militer global telah naik sebesar 1 persen dibanding tahun 2015 lalu, dengan jumlah 1,67 triliun dolar AS. Angka itu menjadi peningkatan pertama di dunia sejak tahun 2011.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Amerika Serikat dan Tiongkok menduduki puncak daftar pemboros militer terbesar, dengan masing-masing 596 miliar dolar AS dan 215 miliar dolar AS. Dengan jumlah anggaran sebesar itu, Amerika Serikat menjadi penyumbang untuk lebih dari sepertiga dari pengeluaran militer global.

Arab Saudi, yang telah mendukung pemerintah Yaman dalam perang dengan kelompok pemberontak di negara itu, dengan tetap terlibat dalam perang saudara di Suriah, melonjak ke tempat ketiga untuk pertama kalinya dengan anggaran 87,2 miliar dolar AS.

Secara substansial, belanja Rusia juga mengalami peningkatan sebesar 7,5 persen menjadi 66 miliar dolar AS. Peningkatan itu didorong oleh kampanye serangan udara Rusia untuk mendukung pemerintah Suriah dan penumpukan militer di perbatasan barat dengan Eropa.

Selama 10 tahun terakhir, anggaran militer Arab Saudi hampir mengalami peningkatan hingga dua kali lipat, yaitu mencapai 97 persen. Sementara itu, anggaran Rusia naik sebesar 91 persen.

www.rferl.org

Sharing

Tinggalkan komentar