Kapal Selam Lada Selesaikan Evaluasi Akhir Tahun 2016

Rusia akan menyelesaikan evaluasi operasional kapal selam diesel elektrik Project 677 Lada class sebelum akhir tahun 2016. Kapal selam konvensional terbaru Rusia ini merupakan kapal selam diesel elektrik Rusia pertama yang dilengkapi dengan Air Independent Propulsion (AIP). Pengembangan dan pembangunan kapal selam Lada class selama ini terus tertunda oleh berbagai kendala, yang menyebabkan Rusia akhirnya memesan lagi kapal selam Kilo class.

Sebelumnya kapal selam Lada pertama ini sudah pernah menjalani uji operasional di Armada Utara Rusia pada tahun 2010. Dengan hampir selesainya evaluasi operasional kapal selam ini diharapkan pembangunan kapal selam kedua dan ketiga Lada class di galangan kapal di St. Petersburg bisa segera diselesaikan.

Rusia berencana memesan lagi kapal selam Lada class keempat, namun semua itu masih tergantung dari New State Armament Program Rusia (dalam rancangan New State Armament Program 2011-2020, Rusia berencana mendapatkan dua sampai tujuh unit kapal selam Lada class).