Lindungi Wilayah Terdepan, TNI AL Terus Kembangkan Lantamal

Jakarta – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Ade Supandi memastikan telah memiliki rencana strategis untuk mengembangkan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) di sejumlah wilayah, termasuk di Pontianak, Tarakan, dan Sorong.

“Sebenernya dalam rentra AL telah ada pengembangan pangkalan, yang tuntas kita bentuk Pontianak, Tarakan dan Sorong Papua,” ujar KSAL Ade di Markas Brigif 12, Marinir, Cilandak, Jakarta, Selasa (5/4/2016).

Lantamal di Natuna, nantinya akan menjadi bagian dari pengembangan dari Lantamal Pontianak dan Lantamal Tanjung Pinang.

“Di bawah itu kita kembangkan. Daerah perbatasan harus bekecukupan pangkalan dalam rangka mendukung operasi, makin dekat dengan daerah operasi maka semakin efisen dan efektif barang dan logistik lebih depat,” ujar KSAL.

Sementara di Maluku, khususnya Masela, TNI AL berencana mengembangkan Lantamal. Hal itu bertujuan agar semakin dekat dengan kawasan Natuna.

“Biar lebih dekat biar efektif. Natuna juga demikian, pengembangan ini telah ada,” ujar Laksamana Ade Supandi.

TNI AL menginginkan konsep Lantamal yang dekat dengan daerah operasi, untuk menghemat pengeluaran bahan bakar peralatan dan kapal yang digunakan.

“Jangan sampai dari Surabaya kehabisan barang bakar. Kita kembangkan semua daerah lain, Tarakan, Natuna. Tapi memang ada prioritas. Terus kita kembangkan ini proses,” ujar KSAL.

Sumber : Okezone.com

Sharing

Tinggalkan komentar