Akibat Panama Papers, PM Islandia Mengundurkan Diri

Perdana Menteri Islandia Sigmundur David Gunnlaugsson mengundurkan diri, 5/4/2016 siang waktu Islandia, yang diungkapkan oleh salah satu petinggi Partai Progresif.

Mengutip CNN, Gunnlaugsson mendapatkan tekanan dalam negeri yang cukup keras untuk mengundurkan diri setelah “Panama papers” yang mengungkap keterlibatan investasi keluarganya di investasi luar negeri.

Menteri Pertanian dan Perikanan Islandia Sigurður Ingi Jóhannsson mengatakan kepada stasiun TV nasional RUV, Gunnlaugsson benar-benar telah mengundurkan diri.

Protes rakyat Islandia menuntut PM Sigmundur Davíð Gunnlaugsson mundur akibat kasus Panama Papers

Media massa lokal menuntut adanya pembuktian bahwa sang perdana menteri telah mundur, sebelum pengunduran diri dinyatakan secara resmi, hal itu juga didorong oleh pimpinan Partai Kemerdekaan Olafur Ragnar Grimsson.

Gunnlaugsson akan tetap menjadi petinggi Partai Progresif, namun posisi Perdana Menteri akan diisi oleh Sigurður Ingi Jóhannsson.

Pemimpin Partai Kemerdekaan, Menteri Keuangan Bjarni Benediktsson mengatakan telah berbicara dengan Grimsson secara empat mata, Selasa sore waktu Islandia.

Sumber : CNN Indonesia