Home » Militer Indonesia » Rudal Ataka Menghancurkan Panser di Suriah

Rudal Ataka Menghancurkan Panser di Suriah

Rusia menguji langsung di lapangan rudal terbaru Ataka (Type 9M12) dari varian anti tank dan anti personel. Rudal tersebut diluncurkan dari helikopter tempur Mi-28N pada beberapa sasaran di kota Palmyra, Rusia beberapa waktu lalu.

Rudal Ataka 9M120 (NATO menamakannya : AT-9 Spiral2) merupakan rudal anti tank terbaru pengganti rudal 9K114 Shutrm (AT-6 Spiral). Rudal anti tank ini menggunakan sistem bimbingan radio dengan link Semi-Automatic Command to Line of Sight (SACLOS), dengan jangkauan hingga 6 km.

Ataka terdiri dari tiga varian hulu ledak, Ataka 9M120 anti tank menggunakan hululedak HEAT tandem untuk menghancurkan tank dengan perlindungan Explosive Reactive Armor (ERA), Ataka 9M120F dengan hululedak Thermobaric untuk mengajar posisi personel yang bersembunyi di bunker, Ataka 9M220 yang berhulu ledak sebar, rudal ini berperan sebagai rudal udara-ke -udara jarak pendek untuk merontokkan helikopter atau pesawat musuh yang terbang rendah dan Ataka 9M120M merupakan varian mutakhir untuk menghajar tank lapis baja tebal (950 mm)dengan perlindungan ERA hingga pada jarak sejauh 8 km.