Home » Militer Indonesia » Batalion Gurkha India Pertama dengan Personel Murni dari Gurkha Nepal

Batalion Gurkha India Pertama dengan Personel Murni dari Gurkha Nepal

Untuk pertamakalinya Batalion Gurkha Rifles (GR) India hanya terdiri dari penduduk asli dari Gurkha Nepal. Batalyon 6 First Gurkha Rifles (6/1GR) tersebut terdiri dari sekitar 700 personel yang resmi dilantik pada tanggal 31 Maret di Subathu di Himalaya utara, 330 km sebelah utara dari New Delhi, di Gurkha Training Centre 14.

Personel Gurkha Rifles tersebut sudah mendapatkan pelatihan selama 9 bulan di Subathu, banyak dari mereka merupakan keturunan pensiunan tentara Gurkha yang berasal dari daerah Himalaya terpencil di Nepal.

Biasanya Resimen tentara Gurkha terdiri dari rasio sekitar 70% penduduk Gurkha asli Nepal dan 30% penduduk Gurkha India .

Terbentuk pada tahun 1815 sebagai bagian dari Angkatan Darat Inggris, pada tahun 1947 setelah kemerdekaan India dari Inggris, Resimen Gurkha dipindahkan menjadi bagian dari tentara India pada tahun 1950.

Resimen Gurkha ini sudah kenyang pengalaman berperang di sejumlah medan tempur, sejak perang Dunia Pertama hingga Perang Dunia Kedua. Resimen ini juga diterjunkan saat berperang melawan Pakistan pada tahun 1965 dan 1971.