Pesawat Sukhoi Su-27/30 Siap Unjuk Gigi di Langit Jakarta

Kepala Dinas Penerangan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU), Marsekal Pertama Dwi Badarmanto mengatakan bahwa sebanyak 60 unit pesawat TNI AU dipersiapkan untuk beratraksi saat peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-70 TNI AU pada hari Sabtu, tanggal 9 April 2016. Ia menambahkan, berbagai atraksi udara yang dilakukan 60 pesawat itu bisa disaksikan langsung oleh masyarakat.

Saat menghadiri pelaksanaan Gladi Bersih di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (07/04), Marsma Dwi menjelaskan bahwa berbagai atraksi udara itu terdiri dari flypass composite strike pesawat tempur, flypass simulasi serangan udara langsung, display Jupiter Aerobatic Team (JAT), bomb burts, high speed past serta penarikan banner.

Persiapan gladi bersih HUT TNI AU ke 70 dari apron selatan Lanud HLM. (?@harris_pradana)
“Nantinya juga yang menarik flypass 16 pesawat latih Grob G-120 TP akan membentuk angka 70 serta manuver cantik tim JAT yang diperankan enam Pesawat KT-1 Woong Bee,” kata Marsma Dwi.

Marsma Dwi pun merincikan bahwa dalam atraksi itu akan hadir pula empat pesawat Sukhoi Su-27/30, empat pesawat F-16, empat pesawat Hawk 100/200 dan empat pesawat T-50i yang akan mendemonstrasikan Serangan Udara Strategis.

Dalam acara yang rencananya dihadiri oleh Presiden Joko Widodo itu, akan ditampilkan pula aksi pasukan terjun payung. Dua unit pesawat C-130 Hercules telah disiapkan untuk menerjunkan ratusan prajurit Paskhas TNI AU dalam aksi tersebut.

okezone.com