Home » Militer Indonesia » Video Drone Trimaran Pemburu Kapal Selam

Video Drone Trimaran Pemburu Kapal Selam

Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) telah merilis video kapal trimaran tanpa awak yang melakukan uji coba pelayaran dan manuver di pesisir.

Dikembangkan sebagai kapal otonom anti kapal selam, trimaran Anti-Submarine Warfare Continous Trail Unmanned Vessel (ACTUV) baru saja dipindahkan ke laut di Portland, Amerika Serikat.

Kapal trimaran sepanjang 40 meter dijadwalkan akan diresmikan pada tanggal 7 April 2016, dan direncanakan melakukan pengujian di lautan lepas pada musim panas 2016 di lepas pantai California.

DARPA menyatakan kapal tanpa awak itu dikembangkan sebagai kapal permukaan anti-kapal selam. ACTUV diklaim lebih murah bila dibandingkan dengan kapal perang dengan kemampuan anti kapal selam pada umumnya, juga lebih hemat biaya operasionalnya karena tanpa menggunakan seorang awak kapal diatasnya.

Menurut DARPA, kapal otonom tanpa awak ini mampu melakukan penyebaran secara independen sejauh ribuan kilometer dan ketahanan berlayar berbulan- bulan dengan sedikit kontrol pengawasan jarak jauh dari operator, yang juga berarti kapal mampu berangkat dan kembali ke pelabuhan secara mandiri.

Kapal trimaran dilengkapi dengan sistem manajemen otonom untuk keandalan operasionalnya, dan kemampuan berinteraksi mandiri menghadapi musuh yang cerdas, ungkap pihak DARPA.

Navaltoday