MiG-31BM Rusia Catat Rekor Penerbangan Non-Stop terjauh

Menghabiskan waktu tujuh jam dan empat menit di udara, pilot Rusia memecahkan rekor baru untuk penerbangan terpanjang non-stop pesawat tempur supersonik spesialis intersep MiG-31BM, rilis RIA Novosti mengutip juru bicara Russian Central Military District, Yaroslav Rashchupkin.

Rekor itu ditetapkan selama latihan yang melibatkan para pilot MiG-31BM yang ditempatkan di wilayah Krasnoyarsk timur Siberia, menjelajah hampir 8.000 kilometer jauhnya hingga ke wilayah Astrakhan di selatan Rusia.

“Saat ini, para pilot Angkatan Udara Skuadron ke-14 dan Air Defense Force dari Central Military District adalah satu-satunya yang melakukan penerbangan jarak jauh menggunakan MiG-31 dengan tiga kali melakukan pengisian bahan bakar di udara,” kata Roshupkin.

Salah satu pilot menjelaskan, penerbangan terbaru tersebut sebagai terjauh yang pernah dilakukan selama 36 tahun sejarah beroperasinya MiG-31.

MiG-31BM adalah jet intersep supersonik yang dirancang untuk mencegat dan menghancurkan target udara di ketingggian rendah, menengah hingga ke ketinggian maksimum.

MiG-31BM dapat melacak target yang berjarak hingga 320 kilometer jauhnya dan meluncurkan serangan sekaligus pada enam target potensial berkat dukungan radar dan rudal yang canggih. MiG-31BM dapat beroperasi di segala kondisi cuaca dan juga dilengkapi dengan avionik digital yang canggih.

Sputnik

Tinggalkan komentar