Latihan Militer Bersama Pakistan dan Tiongkok Demi Tekan Dominasi AS

Angkatan Udara Tiongkok telah memulai latihan militer bersama dengan tentara Pakistan pada hari Sabtu (09/04) kemarin. Latihan militer bersama yang diberi nama “Shaheen V” itu akan berlangsung hingga tanggal 30 April mendatang.

Kementerian Pertahanan Tiongkok menjelaskan bahwa latihan militer itu bertujuan untuk memperkuat hubungan operasional militer antara kedua negara sekaligus mewaspadai pergerakan tentara India dan juga menekan dominasi Amerika Serikat di Asia.

Selama ini, Tiongkok dan Pakistan memang diketahui memiliki hubungan erat, terutama dalam hal pertahanan. Dua negara itu menyebut satu sama lain sebagai teman.

Kementerian Pertahanan Tiongkok berharap, Angkatan Udara dapat memperluas cakupan kerjasama dan melakukan dialog dengan semua negara.

Sebelumnya, Tiongkok telah mendesak Pakistan untuk menyingkirkan kelompok militan dari wilayah Barat Xinjiang, yang bersembunyi di daerah-daerah etnik Pashtun di perbatasan Afghanistan-Pakistan. Tempat itu merupakan pusat perkumpulan bagi berbagai kelompok militan dan ekstremis, termasuk kelompok militan Taliban dan Al Qaedah.

okezone.com

Sharing

Tinggalkan komentar