T-50 PAKFA – Siluman ‘Penyusup’ dari Rusia

Pesawat tempur generasi kelima T-50 Rusia adalah pesawat tempur siluman multirole yang mampu menyelesaikan berbagai misi operasi khusus.

Doktrin pesawat tempur generasi keempat adalah menyerang dari luar area pertahanan udara musuh dan melancarkan serangan dengan rudal jelajah, sebaliknya T-50 mampu menyusup ke garis pertahanan udara musuh dan melakukan serangan pemboman pinpoint terhadap obyek vital musuh, yang dianggap pihak Rusia lebih presisi daripada hanya menggunakan rudal jelajah semata .

T-50 direncanakan akan segera memperkuat Angkatan Udara Rusia apada akhir tahun ini, dan diharapkan pesawat siluman ini sudah dilengkapi dengan rudal jelajah yang sangat canggih, X-74M2.

T-50 adalah pesawat tempur kursi tunggal dan bermesin ganda, merupakan pesawat tempur dengan teknologi siluman pertama yang dimiliki Angkatan Udara Rusia. Selain kemampuannya terbang dengan kecepatan di atas 2 mach, T-50 juga memiliki kemampuan lain, seperti tidak terdeteksi radar dan rudal pertahanan udara canggih musuh. T-50 juga dilengkapi dengan avionik canggih dan radar mutakhir Active Radio-Optical Phased Array Technology (ROFAR).

Beberapa negara asing saat ini telah menyatakan minatnya untuk membeli pesawat tempur T-50, dan pembuatan versi ekspor PAK FA dijadwalkan akan dimulai pada tahun 2020.

Sharing

Tinggalkan komentar