Home » Militer Indonesia » F-35 Diklaim Mampu Menahan Su-35 dan T-50 PAKFA

F-35 Diklaim Mampu Menahan Su-35 dan T-50 PAKFA

Seorang jendral Angkatan Udara AS mengklaim F-35 mampu menahan serangan pesawat tempur canggih musuh. Pernyataan tersebut tidak menyebutkan negara mana, namun mungkin yang dimaksud adalah dua negara besar pesaing AS seperti Rusia dan China.

F-35 terus mendapatkan pembenahan setelah beberapa kali mengalami serangkaian kegagalan, seperti mesin yang pernah terbakar, software komputer yang bermasalah, ketahanan mesin dalam penerbangan jarak jauh, dan kerusakan sistem radar, F-35 juga masih mengalami kendala mahalnya biaya operasional, hampir US$ 50 ribu untuk satu jam penerbangan.

Namun Jendral Gorenc yakin, apabila F-35 sudah siap tempur, pesawat siluman tersebut dapat menahan serbuan pesawat tempur Rusia (seperti Su-35 dan T-50 Pakfa).

F-35 adalah pesawat pesawat tempur pembom generasi kelima dengan teknologi siluman yang dikembangkan oleh perusahaan Lockheed Martin. Mampu mengangkut persenjataan hingga total seberat 18.000 pon atau 8 ton. Pesawat tempur ini kemungkinan akan siap beroperasi penuh pada bulan September 2016.

Total biaya yang dihabiskan untuk pengembangan pesawat siluman ini selama 15 tahun berhasil memecahkan rekor sebagai yang terbesar di dunia yakni lebih dari US$ 1.5 trilyun.