Home » Militer Indonesia » Pimpinan Kelompok Abu Sayyaf Tertembak

Pimpinan Kelompok Abu Sayyaf Tertembak

Zamboanga – Militer Filipina mengatakan berhasil menewaskan delapan militan Abu Sayyaf, Senin, /4/2016. Pimpinan kelompok Abu Sayyaf juga terluka parah pada operasi militer balasan, pasca tewasnya 18 tentara Filipina.

Menurut media lokal, Anadolu, Selasa (12/4 2016) berdasarkan informasi dari juru bicara Angkatan Bersenjata Komando Mindanao Barat, Mayor Filemon Tan, pimpinan Abu Sayyaf, Furuji Indama, saat ini terluka parah.

Mayor Filemon menambahkan, Furuji Indama terluka parah di bagian kepala dan sekarang dalam kondisi kritis.

Pasca tewasnya 18 tentara Filipina dalam baku tembak di Kota Tipo-Tipo pada Sabtu 9 April 2016, militer Filipina semakin meningkatkan operasi militer untuk memburu para militan Abu Sayyaf.

Operasi militer tersebut cukup efektif karena dengan terlukanya Furuji Indama, membuktikan para militan radikal yang berafiliasi dengan ISIS ini semakin terdesak.

Indama adalah buronan yang selama ini dicari aparat keamanan Filipina dan menjadi tersangka pembunuhan, penculikan, serangan bom serta pemenggalan anggota marinir Filipina.

Mayor Tan menuturkan hari Minggu 10 April 2016, Filipina menurunkan lebih banyak pasukan ke wilayah Kota Tipo-Tipo, tempat kontak senjata dengan militan Abu Sayyaf.

Militer Filipina berhasil melacak posisi pimpinan senior Kelompok Abu Sayyaf yaitu Indama dan Isnilon Hapilon yang melarikan diri semenjak kontak senjata terjadi.

Sumber : Okezone.com