Home » Militer Indonesia » Helikopter Mi-28 Havoc Rusia Jatuh di Suriah

Helikopter Mi-28 Havoc Rusia Jatuh di Suriah

Sebuah helikopter Mi-28N Havoc milik Angkatan Udara Rusia jatuh di dekat kota Homs di Suriah, dan menewaskan kedua pilotnya, rilis siaran pers Kementerian Pertahanan Rusia Selasa. Menurut laporan dari lokasi kecelakaan, helikopter itu tidak ditembak jatuh.

“Dua pilot helikopter tewas. Mayat keduanya telah dievakuasi selama operasi pencarian dan penyelamatan, dan saat ini ada di Pangkalan Udara Hmeymim. “lanjut siaran pers tersebut.

Penyebab jatuhnya helikopter tersebut masih belum diketahui. Sebuah tim gugus tugas telah dikirim ke lokasi kejadian untuk menyelidiki kecelakaan itu.

“Presiden Vladimir Putin sudah diberitahu tentang kecelakaan itu,” kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov.

Rusia telah melakukan operasi kontraterorisme di Suriah sejak 30 September, dan pada tanggal 14 Maret Presiden Vladimir Putin memerintahkan untuk menarik sebagian besar armada pesawat tempur dari Suriah.

Pada tanggal 24 November, pesawat tempur F-16 Turki menembak jatuh pembom ringan Su-24 di atas Suriah. Salah satu pilotnya dibunuh oleh gerilyawan setelah eject menyelamatkan diri. Sebuah helikopter Mi-8 yang dikirim untuk melakukan misi pencarian dan penyelamatan, hancur oleh serangan pemberontak, dan menewaskan seorang perwira Angkatan Laut.(Sputnik)

Mi-28N ” Night Hunter ” adalah helikopter serang modern yang dirancang untuk menghancurkan tank, kendaraan lapis baja, artileri self-propelled, unit pertahanan udara, baterai artileri nuklir dan personel militer, Night Hunter juga dapat merontokkan helikopter dan pesawat terbang berkecepatan rendah.

Night Hunter dapat beroperasi siang dan malam dan dalam kondisi cuaca yang buruk, mampu terbang sangat rendah menyusuri permukaan bumi dengan mengandalkan perangkat Overflight And Automated Obstacle Warning System.(Russianhelicopter.Aero)