Home » Alutsita Canggih » Stephen Hawking dan Mark Zuckerberg, Bikin Pesawat Cari Mahluk Asing

Stephen Hawking dan Mark Zuckerberg, Bikin Pesawat Cari Mahluk Asing

Fisikawan Stephen Hawking dan pendiri Facebook Mark Zuckerberg bekerjasama untuk menciptakan pesawat antariksa. Dibantu kucuran dana dari miliarder Rusia Yuri Milner, keduanya berencana meluncurkan misi pencarian alien menggunakan pesawat tersebut.

Dana Rp 1,3 triliun siap digunakan untuk membuat misi luar angkasa bertajuk ‘Breakthrough Startshot’.

Pesawat yang diciptakan Hawking dan Zuckerberg tak akan berwujud seperti roket yang dapat menampung manusia. Keduanya sedang menggarap pesawat luar angkasa berukuran nano atau ‘nanocraft’, yang beroperasi tanpa awak dan bermassa sangat ringan.

Ukurannya pesawat hanya sebesar perangko.

Dalam proses penciptaannya, tahap pertamanya adalah membuat sistem pendorong baru yang menggunakan tenaga cahaya laser, sebagai pendorong laju pesawat.

Penggunaan teknologi baru ini diyakini mampu membuat perjalanan antariksa jauh lebih cepat dari yang ada saat ini. Menggunakan teknologi tenaga cahaya, diharap pesawat nanocraft dapat melaju hingga 20 persen kecepatan cahaya.

Dengan kecepatan tersebut, pesawat nantinya bisa mencapai galaksi Alpha Centauri, lokasi yang menjadi target misi ini, dalam waktu 20 tahun saja.

Ketiganya berharap misi pencarian dan pembuatan pesawat ini dapat menghasilkan penemuan planet lain yang berpenghuni atau dapat dihuni manusia.

Sumber : Tribunnews.com