Video Kontak Tembak Militer Filipina VS Abu Sayyaf

Video Kontak tembak 10 jam antar militer Filipina dengan kelompok ABu Sayyaf yang terjadi di Basilan. Dalam kontak tembak tersebut 18 tentara Filipina tewas dan 50 lainnya terluka. Sementara dari pihak Abu Sayyaf, dikabarkan 5 tewas dan 20 terluka. Jika video ini benar, maka rentetan tembakan ini, terjadi setelah kelompok Abu Sayyaf menarik diri dari “ambush” yang mereka lakukan. Hal itu diperkuat, karena kontak tembak terjadi dari hari Jumat pukul 7 maloam hingga sabtu pukul 5 pagi. Sementara video ini terlihat, hari telah terang, sehingga rentetan tembakan ini diperkirakan, terjadi setelah pertempuran 10 jam tersebut.

Posisi unit militer Filipina ini bertahan, dengan komposisi satu senjata mesin di tengah dan riffle di kiri dan kanan. Tidak terdengar suara tembakan balasan. Mereka pun terlihat, masih rapih, sehingga diduga tentara yang baru datang untuk bala bantuan.

https://youtu.be/v5SSKCN7hS0

Video berikut ini sama dengan di atas, namun berdurasi panjang, 10 menit. Pada menit ke 6, terdengar suara senjata mesin yang “menyiram”, ke arah lawan. Tidak terdengar ada balasan. -imho.

Video yang diluncurkan Al Jazeera, 13 April 2016, situasi tentara Filipina pasca kontak tembak berdarah 9 April 2016.

Sharing

Tinggalkan komentar