Home » Alutsita Canggih » India dan Perancis Sepakati Harga 36 Rafale US$ 8.8 Milyar

India dan Perancis Sepakati Harga 36 Rafale US$ 8.8 Milyar

India dan Perancis akhirnya menyepakati harga pembelian 36 pesawat tempur Rafale, setelah sekian lama mengalami penundaan dan kebuntuan. Kedua negara akan menandatangani perjanjian pembelian pada bulan April, dan Perancis akan mengirimkan bacht pertama Rafale 18-20 bulan setelah penandatanganan perjanjian.

Nilai kesepakatan pembelian 36 pesawat tempur itu sebesar € 7.8 milyar (US$ 8.8 milyar) dengan transfer penuh teknologi dari Rafale, juga keharusan € 2,5 miliar diantaranya diinvestasikan ke dalam perusahaan-perusahaan India.

Dassault juga mengumumkan akan meningkatkan produksi Rafale saat ini dari dua pesawat per bulan menjadi tiga pesawat. Dengan target itu India akan mendapatkan ke 36 pesawat tempur Rafale dalam waktu sekitar tiga tahun setelah kesepakatan.

Kesepakatan itu juga termasuk pemeliharaan, pelatihan dan dukungan teknis untuk seumur hidup, dan untuk pertama kalinya, perusahaan Hindustan Aeronautics Limited (HAL) India tidak akan terlibat dalam proyek pesawat tempur di India.

India juga akan mendapatkan transfer penuh teknologi tinggi yang terhubung ke pesawat tempur seperti sistem metalurgi, radar, elektronik dan persenjataannya. Selain Dassult, sub-kontraktornya Thales dan MBDA juga akan terlibat dalam program transfer teknologinya. Thales bertugas memasok radar, avionik dan sistem elektronik lainnya sementara MBDA bertugas memasok rudal.

Perancis awalnya menginginkan harga penuh Rafale lengkap dengan persenjataan dan TOT-nya sebesar US$ 12 miliar, sementara India menawar sebesar US$ 8 milyar.

Defenceworld