Home » Militer Filipina : 4 WNI Diculik di Wilayah Abu Sayyaf

Militer Filipina : 4 WNI Diculik di Wilayah Abu Sayyaf

  • Uncategorized

Manila: Kapal berbendera Indonesia, Kapal Tunda TB Henry dan Kapal Tongkang Cristi dibajak dan anak buah kapalnya diculik kelompok militan Filipina,ekitar pukul 18.31, hari Jumat (15/4/2016). Dalam kejadian tersebut, lima orang ABK selamat, satu orang tertembak sedangkan empat orang lainnya diculik. Pembajakan terjadi di perairan perbatasan Malaysia-Filipina, sekembalinya dari wilayah Cebu, Filipina, menuju Tarakan, Kalimantan Utara.

“Tujuh orang bersenjata menggunakan kapal cepat berwarna biru menyerang dua kapal berbendera Indonesia, di luar perairan Pulau Sitangkay di Tawi-Tawi. Lokasinya berdekatan dengan wilayah perbatasan Malaysia, di Sabah,” ujar Juru Bicara Militer Filipina, Mayor Filemon Tan, dikutip Reuters, Sabtu (16/4/2016).

“Kami tidak tahu pasti siapa yang menculik mereka. Namun wilayah tak bertuan itu merupakan wilayah operasi Abu Sayyaf,” lanjut Mayor Tan.

ABK yang selamat dibawa Polisi Maritim Malaysia ke Pelabuhan Lahat Datu, Negara Bagian Sabah. Bersama dua kapal TB henry dan kapal tongkang Cristi.

Militer Filipina menambahkan, kelompok militan Filipina terus menargetkan ABK asing yang menggunakan kapal tongkang. Lambannya kapal itu berlayar menjadi sasaran empuk dari para anggota militan.

Kelompok Abu Sayyaf yang terafiliasi dengan Al Qaeda, dikenal dengan tindakan pemerasan, peculikan dan pengeboman. Kelompok ini terus meningkatkan kegiatan mereka di wilayah selatan Filipina.

Sumber : Metrotvnews.com