Home » Alutsita Canggih » MiG-25R Foxbat, Pesawat Pembom-Intai Tercepat di Dunia

MiG-25R Foxbat, Pesawat Pembom-Intai Tercepat di Dunia

Dibanding pesawat tempur supersonic buatan AS dan Eropa yang dalam perjalanannya kemudian ada beberapa yang dimodifikasi sebagai pesawat tempur- intai, seperti F-5, F-4 Phantom II AS, Mirage III Perancis, JA-37 Viggen Swedia dan Hewker Hunter Inggris, Uni Soviet kala itu merancang salah satu varian MiG-25R menjadi pesawat pembom pengintai berkecepatan high-supersonic.

Airframe dan beberapa bagian dari si Foxbat menggunakan paduan bahan dari baja dan titanium, bahkan cat untuk melapisi kulit MiG-25R menggunakan bahan khusus anti panas karena kecepatannya yang tembus hingga lebih dari 2.8 mach.

Sebagai pesawat pengintai, si Foxbat dilengkapi dengan berbagai perangkat intelijen elektronik, dan kemampuan melakukan misi pemboman dengan bom konvensional dan nuklir. Si Foxbat juga dilengkapi dengan perangkat peperangan elektronik.

Dalam sebuah misi pengintaian diatas wilayah Mesir -Israel, MiG-25R dan MiG-25RB melakukan 20 kali misi penerbangan intai diatas dataran tinggi Sinai. Pihak Amerika dan Israel mencatat, pada salah satu penerbangan MiG-25R mampu melesat dengan kecepatan diatas 3.2 mach! walau penerbangan hingga tiga kali kecepatan suara itu diyakini dapat mempercepat kerusakan pada mesin pesawat.

Penerbangan high-supersonic ini menjadikan MiG-25 Foxbat tercatat sebagai pesawat pembom-intai tercepat di dunia.