Home » Militer Indonesia » Angkatan Laut Rusia Puas dengan Kapal Selam Kilo Project 636.3

Angkatan Laut Rusia Puas dengan Kapal Selam Kilo Project 636.3

Kemampuan kapal selam Improved Kilo dari segi sistem deteksi, kemampuan menembakkan persenjataan dan tingkat kebisingannya sudah sangat sesuai dengan yang diinginkan pihak Angkatan Laut Rusia. Hal ini dinyatakan Wakil Komandan Angkatan Laut Rusia Fedotenkov.

Kapal selam modifikasi Project 636.3 Varshavyanka memiliki kemampuan tempur lebih baik bila dibandingkan dengan kapal selam versi lama. Saat ini Armada Laut Hitam Rusia sudah menerima beberapa kapal selam diesel elektrik ‘super silent’ tersebut.

Berperan sebagai kapal selam anti kapal perang, anti kapal selam dan kemampuan serang darat, kapal selam project 636.3 mampu beroperasi di perairan dangkal dan wilayah pesisir. Dilengkapi dengan sistem sonar terbaru MG-519EM, kapal selam project 636.3 mampu melacak kapal selam dan kapal perang musuh secara lebih cepat dan efisien.

Kapal selam pertama, Novorossiysk diterima pada bulan Agustus 2014, kapal selam kedua Rostov-on-Don mulai memperkuat Armada Laut Hitam pada Desember 2014. Kapal selam ketiga, Stary Oskol, mulai bertugas sejak Juli 2015. Kapal selam keempat Krasnodar diterima pada bulan November 2015, sementara kapal selam kelima dan keenam dari project ini diharapkan sudah dapat diterima pada bulan Mei tahun 2016.

Kapal selam Improved Kilo kedua – Rostov on Don pernah menembakkan beberapa rudal jelajah Kalibr di Laut Mediterania terhadap sasaran fasilitas ISIS di wilayah provinsi Raqqa Suriah pada bulan Desember tahun lalu.

Dan karena puas dengan kemampuan kapal selam Improved Kilo, kini pihak Angkatan Laut Rusia mempersiapkan proposal untuk bisa terus melanjutkan produksi kapal selam Project 636.6 tersebut.