Pesawat MH370 Malaysia Jatuh di Laut

Canberra – Pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang misterius dua tahun lalu, dipastikan jatuh ke laut. Beberapa puingnya ditemukan di Mozambik dan tim ahli dari Australia telah memastikannya.

Biro Keselamatan Transportasi Australia (ATSB) dalam rilis terbaru (20/4/2016), membeberkan hasil pemeriksaan teknis terhadap dua puing yang ditemukan di Mozambik. Menteri Transportasi dan Infrastruktur Australia Dareen Chester memastikan, dua puing tersebut dari sayap Malaysia Airlines MH370.

“Saya menerima laporan hasil pemeriksaan teknis yang dirilis ATSB yang memastikan puing itu hampir pasti berasal dari MH370,” ujar Chester.

Analisis puing MH370
Analisis puing MH370

“Cap yang berada di kedua puing menunjukkan bukti adanya sambungan. Bentuk tulisan dan warna dari cap puing pertama dikembangkan dan digunakan oleh Malaysian Airlines,” ucapnya.

“Bagian puing kedua mengandung tulisan ‘No Step’ dengan cap yang konsisten dengan yang dipakai oleh Malaysia Airlines,” ujar Chester.

Chester mengucapkan terima kasih atas penelitian yang dilakukan oleh ATSB, Geoscience Australia, Boeing dan Australian National University. Kini, pencarian sisa puing akan dilanjutkan di area 20 ribu kilometer persegi.

Dua puing itu ditemukan Blaine Gibson, seorang pengacara di Seattle, AS, yang sengaja mencari jejak MH370 yang hilang pada 8 Maret 2014 lalu.

Analisis puing MH370
Analisis puing MH370

Gibson menemukan puing itu awal pekan ini, di perairan dangkal Terusan Mozambik, dekat pulau wisata Benguerra. Terusan Mozambik berada di antara wilayah Afrika bagian timur dengan Madagaskar. Gibson tidak yakin ada puing lainnya di lokasi yang sama. Gibson mengaku tertarik dengan kasus MH370 dan sengaja membiayai sendiri perjalanannya ke Malaysia serta Maladewa untuk mengumpulkan informasi soal MH370.

Gibson mengaku dirinya menyewa kapal untuk mencapai lokasi terpencil yang menjadi lokasi temuan puing itu. Kepala Institut Penerbangan Sipil Mozambik, Joao de Abreu, menunjukkan puing yang ditemukan Gibson ke hadapan media di Maputo pada Kamis (3/3/2016).

Sumber : Detik.com

Sharing

Tinggalkan komentar