Home » Alutsita Canggih » SAAB Gigih Menawarkan Sewa Pesawat Tempur Gripen Kepada Malaysia

SAAB Gigih Menawarkan Sewa Pesawat Tempur Gripen Kepada Malaysia

Sampai saat ini Saab tetap berkomitmen menawarkan sistem sewa pesawat tempur Gripen varian C/D kepada Malaysia. Sistem sewa Gripen tersebut diharapkan bisa membuka kembali program Multirole Combat Aircraft (MRCA) yang sempat terhenti, kata Thomas Linden, Head of Saab Malaysia pada 19 April.

Berbicara pada pameran Defence Services Asia (DSA), Linden menguraikan paket sewa yang ditawarkan kepada Royal Malaysian Air Force (RMAF) untuk menggantikan armada pesawat tempur MiG-29N ‘Fulcrum-A’ buatan Rusia yang sudah menua, yang awalnya dijadwalkan akan pensiun pada akhir tahun 2010.

Program MRCA terus mengalami penundaan dalam beberapa tahun terakhir karena kendala ekonomi di Malaysia, tapi Linden menyatakan program sewa Gripen menyediakan metode dengan harga yang terjangkau. Gripen yang akan disewakan kepada Malaysia nantinya adalah pesawat baru, tegas Linden.

“Tawaran kami adalah solusi sewa dengan menggunakan contoh (yang sama) dimana kami telah menyewakan Gripen kepada Republik Ceko dan Hungaria,” katanya. “Solusi sewa untuk Malaysia akan memiliki kesamaan dengan pembelian. Tidak ada batasan dalam operasi, Anda dapat menggunakan persenjataan atau sistemnya, dan kami akan membangun solusi dukungan dengan mitra lokal di Malaysia. Program ini sepenuhnya disahkan oleh pemerintah Swedia. ”

Saab menyatakan pihaknya memberikan jaminan garansi sistem sewa pesawat, yang berarti apabila Gripen tidak mampu melakukan penerbangan sekian ratus jam per tahun, maka pihak pelanggan tidak perlu membayar biaya sewa.

Walau mendapatkan respon positif, Pemerintah Malaysia masih belum bisa memberikan kepastian.

Janes