Prajurit KRI Bung Tomo Meraih UN Medal

Komandan KRI Bung Tomo-357, Kolonel Laut (P) Yayan Sofiyan, menyampaikan bahwa prajurit KRI Bung Tomo yang tergabung dalam Maritim TNI Kontingen Garuda XXVIII-H/UNIFIL (United Nations Interim Force in Lebanon) menerima penghargaan atau tanda jasa dari Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB). Penghargaan itu diterima dalam “Medal Parade”, yaitu upacara seremonial penganugerahan dan penyematan UN Medal pada tanggal 18 April 2016.

Upacara “Medal Parade” dilaksanakan di dermaga 3 Port of Beirut dengan Inspektur Upacara Maritime Task Force Commander, Rear Admiral Claudio Henrique Mello De Almeida.

“Penghargaan ini diberikan atas prestasi yang telah diraih dalam pelaksanaan operasi tanpa cacat serta partisipasi aktifnya dalam keikutsertaan menjaga perdamaian dunia,” kata Kolonel Laut (P) Yayan Sofiyan, yang juga menjadi Dansatgas Maritim TNI Kontingen Garuda XXVIII-H/UNIFIL-2015.

KRI Bung Tomo-357 telah bergabung dengan UNIFIL sejak bulan Oktober 2015 untuk melaksanakan operasi menjaga stabilitas keamanan sesuai Resolusi Dewan Keamanan PBB Nomor 1701. Sementara, Kontingen Indonesia telah terlibat menjadi partisan Maritime Task Force sejak tahun 2009.

KRI Bung Tomo-357 itu memiliki kekuatan 107 personel, yang terdiri dari 88 personel Awak Kapal Perang, Pilot dan Kru Heli sebanyak 7 personel, Perwira Kesehatan (Dokter), Kopaska, Penyelam, Perwira Intelijen dan Perwira Penerangan. KRI ini juga diperkuat dengan satu unit Heli Bolkow BO-105/NV-410 dari Pusat Penerbang Angkatan Laut Surabaya.

Dalam upacara, hadir pula Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur Laksamana Muda TNI Darwanto beserta Ketua Daerah Jalasenastri Armada Timur Ny. Ina Darwanto, dan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Lebanon, Achmad Chozin Khumaidy.

Antara