Rusia Kirim 2 Fregat Gepard ke Vietnam Akhir 2016

Rusia akan kembali mengirimkan fregat Gepard 3.9 (Project 11661) untuk Angkatan Laut Vietnam (PAVN) akhir tahun 2016, ungkap Renat Mistakhov, Direktur Jenderal perusahaan galangan kapal Zelenodolsk kepada IHS Jane di pameran Defence Services Asia (DSA) 2016.

Kedua fregat Gepard – Project 11661, yang memiliki kelebihan kemampuan peperangan anti kapal selam akan diluncurkan pada bulan April dan Mei, dan setelah menjalani uji laut dan uji operasional kedua fregat akan dikirimkan pada akhir tahun 2016. Menurut Miftakhov, sistem propulsi kedua frigat sudah terpasang dan perangkat kelistrikan keduanya juga sudah selesai.

Fregat Gepard 3.9 (Project 11661) sebenarnya adalah fregat siluman multirole, dengan kemampuan peperangan anti kapal, anti serangan udara dan anti kapal selam. Pesanan batch kedua Vietnam kali ini memiliki spesialisasi kemampuan peperangan anti kapal selam.

Pengiriman Fregat Gepard 3.9 untuk Vietnam kemungkinan nantinya satu paket dengan rudak jelajah Club-S yang pernah dijanjikan Rusia. Dua Gepard pertama Vietnam sebelumnya hanya dilengkapi dengan rudal anti kapal Uran.