Hampir Berujung Petaka, F-16 Norwegia Salah Tembak Menara Pengawas

Pesawat tempur F-16 Norwegia keliru menembak sebuah menara pengawas selama latihan menembak sasaran. Tiga personel militer yang berada diatas menara untungnya selamat dan tidak ada yang terluka.

Kantor berita Associated Press mengutip juru bicara Angkatan Udara Norwegia Mayor Stian Roen menyatakan insiden itu terjadi pada 13 April di pulau Tarva, lepas pantai barat Norwegia.

Menurut dia, F-16 melakukan latihan penembakan dari udara terhadap target simulasi yang berjarak 500 meter dari lapangan terbang ketika kemudian terjadi “sesuatu yang tidak beres”, atau kekeliruan menembak menara pengawas di lapangan terbang.

Stian Roen mengatakan menara pengawas mengalami sedikit kerusakan akibat tembakan dan rincian penyebab salah tembak diharapkan akan terungkap setelah selesainya penyelidikan atas insiden tersebut.(Sputnik)

ta5bfdfb

Insiden itu terjadi pada malam 13 April, surat kabar VG melaporkan. Dua F-16 latihan menembak target yang sudah disiapkan oleh pasukan darat, tapi latihan tersebut tidak berjalan sesuai rencana.

Alih-alih menembak target yang sudah disiapkan kru darat, pilot di salah satu pesawat F-16 menyerang salah satu menara kontrol. Tiga petugas berada di dalam menara saat itu. Insiden tersebut terjadi begitu cepat sehingga petugas tidak punya waktu untuk bereaksi sebelum proyektil dari meriam Vulcan menghujam dan merobek beberapa bagian menara dengan kuat.

Kesalahan menembak target bisa menjadi masalah yang sangat serius, dan kini kedua pilot dan tiga petugas dirawat oleh paramedis setelah insiden tersebut.(NorwayToday.Info)

Sharing

Tinggalkan komentar